Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Alasan Mengapa Perlu Menggunakan Pintu Geser di Rumah

Kompas.com - 11/07/2021, 08:30 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

Sumber Renonation

JAKARTA, KOMPAS.com—Pada rumah-rumah bergaya Jepang kita tentu sering melihat adanya pintu geser yang digunakan sebagai pembatas ruangan atau sebagai pintu masuk dari rumah. 

Rupanya, pintu geser seperti pada rumah bergaya Jepang kini tengah diminati. Pasalnya, pintu ini tak membutuhkan banyak ruang sehingga sangat pas jika digunakan pada rumah mungil yang tak memiliki terlalu banyak lahan.

Selain manfaatnya, pintu geser juga memiliki model yang cantik dan bisa menjadi dekorasi. 

Untuk kamu yang masih mempertimbangkan, berikut lima alasan mengapa kamu harus memilih pintu geser untuk rumah seperti dilansir dari Renonation, Minggu (11/7/2021). 

Baca juga: 5 Cara Memperbaiki Pintu Rumah yang Seret dan Berderit

1. Praktis 

Pintu ini pas untuk kamu yang memiliki rumah yang mungil dan tidak terlalu besar. Karena daun pintunya yang digeser untuk dibuka dan ditutup, kamu bisa menggunakan ruang sisa itu untuk hal lainnya seperti rak penyimpanan atau rak sepatu. 

2. Membuat ruang tampak luas

Pintu ruang geser, khususnya model top-hung, menawarkan estetika kontemporer yang rapi dan bersih.

Untuk menambah ilusi ruang menjadi lebih besar, kamu bisa memilih pintu geser yang lebar dan tinggi. Ini akan menciptakan ilusi ruang yang tampak lebar dan juga memungkinkan cahaya matahari alami untuk memasuki ruangan 

Selain itu, pemilik rumah dapat memvariasikan dimensi pintu ruang geser dan menggunakan pintu geser yang lebih lebar dan bahkan tinggi untuk memberikan ilusi ketinggian dan ruang tambahan. Selain itu, pintu seperti itu memungkinkan lebih banyak cahaya alami masuk dan sangat mencerahkan ruangan.

Baca juga: Cara Menata Area Pintu Masuk Menurut Feng Shui

3. Bisa jadi pembatas dinding

Pintu ruang geser juga bisa berfungsi sebagai pembatas dinding fleksibel. Kamu bisa menggunakannya sebagai dinding yang bisa dibuka saat kamu membutuhkan ruang lebih

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com