Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/07/2021, 11:03 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Popsugar

JAKARTA, KOMPAS.com - Perilaku anjing peliharaan seringkali lucu dan menggemaskan, namun tidak jarang juga mengkhawatirkan. Salah satunya adalah pemilik yang menemukan anjing menjilati furnitur di rumah.

Kemungkinan besar, anjing menjilati furnitur untuk alasan yang sama seperti dia menjilati apa pun, yakni hanya terasa atau rasanya enak. Namun, apa sebenarnya penyebab anjing suka menjilati furnitur?

Antje Joslin, DVM, dokter hewan di Dogtopia menyatakan, kita terkadang duduk di kursi setelah berolahraga dengan kondisi berkeringat dan bau. Dia menduga, sisa keringat kita mungkin menarik minat beberapa anjing.

Baca juga: 5 Tips Siapkan Rumah untuk Sambut Kedatangan Anjing Peliharaan

"Perilaku semacam ini dapat dengan mudah diatasi dengan pelatihan dan/atau olahraga yang lebih sering," ujar Joslin seperti dikutip dari Popsugar, Jumat (9/7/2021).

Namun, itu bukan satu-satunya alasan anjing Anda menjilati bantal sofa atau kaki kursi.

"Terkadang menjilati furnitur adalah perilaku, itu bisa menjadi respons terhadap kebosanan atau kurang olahraga dan merupakan cara anjing untuk menyibukkan diri," sebut Joslin.

Dia menjelaskan, anjing secara alami cenderung menyukai tekstur kayu. Oleh karena itu, tidak jarang menangkap anjing menjilati atau mengunyah kaki meja atau ujung sofa jika mereka bosan dan tidak memiliki apa-apa untuk disibukkan.

Baca juga: Hati-Hati, Ini Makanan yang Menyebabkan Anjing Diare

"Sekali lagi, ini adalah perilaku yang bisa mudah dihentikan dengan latihan, olahraga, dan stimulasi lingkungan," ujarnya.

Alasan lain mengapa anjing menjilat furnitur adalah karena mereka mengalami ketidaknyamanan pencernaan atau mungkin tidak memiliki pola makan yang seimbang.

"Makanan anjing kering kekurangan banyak protein dan vitamin esensial yang dibutuhkan anjing karena proses memasaknya, karena dimasak pada suhu yang sangat tinggi. Akibatnya, kehilangan nilai gizinya," jelas Aziza Glass, dokter hewan di FreshPet.

Namun demikian, menjilati secara obsesif, bisa menjadi masalah perilaku. Perilaku ini dapat melepaskan endorfin, yang membantu anjing Anda menenangkan diri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com