Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaatkan Waktu di Rumah Saja dengan Lakukan Hal Berikut Ini

Kompas.com - 05/07/2021, 08:00 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com—Untuk mengurangi penularan Covid-19, pemerintah kembali mengeluarkan himbauan untuk lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja.

Waktu yang panjang yang harus dihabiskan dengan di rumah saja tentu membuat kita bosan. Untuk mengisinya, kamu bisa melakukan beberapa kegiatan bermanfaat seperti menata dan membersihkan rumah.

Rumah yang rapi dan tertata tentu akan membuat kita merasa nyaman. Hal ini akan membuatmu betah berada di rumah dan tentu lebih sehat.

Untuk kamu yang ingin mencoba, berikut adalah bebrapa tips untuk menata rumah seperti dilansir dari Budget Dumpster, Senin (5/7/2021).

Baca juga: 7 Tanaman Herbal yang Ternyata Bisa Bantu Membersihkan Rumah

1. Tetapkan tujuan

Untuk memulainya, ada baiknya kamu menetapkan tujuan di awal. Dengan demikian, kamu tidak akan merasa bingung harus memulai dari mana. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat kamu akan memulai:

  • Tulis atau gambar peta semua ruangan dan tempat-tempat yang berantakan yang ingin segera dirapikan.
  • Beri setiap ruang peringkat untuk membantumu menentukan prioritas, ruangan mana yang harus didulukan. Misalnya, pada skala satu sampai tiga (tiga untuk yang paling berantakan), ruangan atau lemari yang sangat berantakan akan mendapatkan nilai tiga.
  • Tangani satu ruangan atau satu area pada satu waktu. Misalnya, hari ini merapikan kamar, besok merapikan lemari kamar, dan seterusnya.
  • Tetapkan target tanggal penyelesaian untuk setiap fase pembersihan, dan patuhlah pada jadwal dan rencana yang sudah kamu buat.
  • Sesuaikan waktu untuk menyelesaikan satu ruangan, misalnya, beri waktu lebih lama untuk membereskan garasi atau gudang, daripada ruangan yang lainnya.

Baca juga: 6 Cara Mendetoksifikasi Kamar Tidur agar Bersih dan Sehat

2. Sortir barang

Gunakan kesempatan bersih-bersih ini untuk menyortir barang dan membuang yang tidak

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com