Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gejala Cacing Gelang pada Kucing dan Cara Mengobatinya

Kompas.com - 04/07/2021, 23:44 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

Sumber Catster

JAKARTA, KOMPAS.com--Cacingan bisa terjadi pada kucing. Parasit ini bisa menyerang Si Manis dan membuat mereka kesakitan.

Salah satu jenis cacing yang bisa menyerang kucing adalah cacing gelang. Cacing berwarna putih kecil ini sebenarnya umum menyerang kucing, terutama kucing kecil. 

Gejala cacing gelang pada kucing

Dilansir dari Catster, Minggu (4/7/2021), menemukan gejala cacing gelang pada kucing bisa jadi agak sulit. Jika kucing memiliki sedikit cacing, tidak ada gejala yang akan muncul.

Secara umum kucing dengan cacing gelang mungkin mengalami kelesuan, muntah, pembengkakan perut atau perut buncit (terutama pada anak kucing), penurunan berat badan atau kegagalan untuk menambah berat badan, kusamppada bulu atau diare.

Anak kucing khususnya mungkin memuntahkan cacing gelang atau adanya cacing di kotak kotoran. Jika kamu menduga kucing peliharaanmu menderita cacing gelang, kamu mungkin melihat parasit khas seperti spageti di kotorannya.

Dalam kasus ekstrim, cacing gelang pada kucing dapat menyebabkan penyumbatan usus atau batuk karena migrasi larva cacing gelang ke paru-paru.

Baca juga: Tips Memberi Kucing Obat Tablet

Penyebab cacing gelang pada kucing

Kucing sering terkena cacing gelang dengan memakan hewan kecil lain yang juga menjadi inangnya, seperti tikus atau mangsa lainnya, meskipun anak kucing bisa mendapatkan cacing gelang melalui air susu induknya.

“Anak kucing mendapatkannya dari induknya saat mereka pertama kali menyusui,” kata Dr. Tash Taylor dari Cat Clinic of Johnson County di Lenexa, Kansas.

“[Cacing gelang] menjalani siklus hidup normal dan beberapa akan berkista di otot dan keluar saat ibu hamil. Ini bermigrasi ke kelenjar susu dan ditransmisikan ke anak kucing saat pertama kali mereka menyusui," lanjutnya.

Sayangnya, kucing dalam ruangan tidak kebal terhadap cacing gelang, kucing rumahan yang terlindung dapat tertular cacing gelang dengan memakan serangga terinfeksi yang berkeliaran di rumah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com