Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/06/2021, 00:57 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing berbulu panjang adalah salah satu hewan peliharaan populer karena bulunya yang halus dan lembut. Namun demikian, dari mana sebetulnya asal bulu panjang pada kucing?

“Gen yang membawa sifat rambut panjang pada kucing bersifat resesif,” jelas Laura Robinson, penasihat dokter hewan di Pawp, seperti dikutip dari Martha Stewart, Rabu (30/6/2021)..

“Secara sederhana, ini berarti bahwa hasil perkawinan kucing berbulu pendek dengan kucing berbulu panjang hanya akan menjadi anak kucing berbulu pendek, tidak berbulu panjang. Tetapi jika kucing berbulu pendek kawin satu sama lain, beberapa anak kucing berambut panjang mungkin akan lahir," imbuh Robinson.

Baca juga: Kucing Suka Tidur di Kaki Kita, Ternyata Ini Alasannya

Namun demikian, ada beberapa ras kucing yang secara alami dan umum cenderung memiliki bulu lebih panjang.

Jika Anda ingin memelihara kucing berbulu panjang, perlu diperhatikan bahwa kucing dengan bulu panjang sering kali membutuhkan perawatan rutin untuk menjaga bulunya tetap bersih, terawat, dan lembut. Beberapa ras kucing ini mungkin juga mengalami kerontokan lebih banyak daripada yang lain.

Nah, apa saja ras kucing berbulu panjang yang populer, serta memiliki penampilan yang mewah dan elegan? Berikut paparannya.

1. Persia

Dari semua kucing berbulu panjang, kucing Persia adalah salah satu ras paling populer sepanjang masa. Kucing ini memiliki penampilan bulu yang mewah dan wajah datar yang menggemaskan.

Baca juga: Kucing Kutuan? Basmi dengan 6 Bahan Alami Ini

"Kucing-kucing ini pendiam, penyayang, santai, serta senang berada di pangkuan Anda, dan salah satu ras kucing tertua," jelas Robinson.

Karena bulu panjangnya ini, perawatan kucing Persia cenderung sulit dan membutuhkan banyak biaya. Selain itu, Anda perlu menyikat bulu kucing ini setiap hari.

2. Maine Coon

Maine Coon adalah salah satu ras kucing berbulu panjang yang paling populer. Lahir di Amerika Serikat dan berasal dari negara bagian Maine, kucing berbulu panjang ini kokoh dengan bulu lebat.

Lebatnya bulu membantu mereka menahan musim dingin atau bahkan berenang di perairan laut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com