Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/06/2021, 19:43 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Popsugar

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda yang memelihara kucing di dalam rumah, pasti pernah menemui perilaku kucing yang unik dan tidak biasa. Beberapa perilaku kucing terkait dengan keinginannya untuk selalu berada di dekat kita

Salah satunya adalah kucing menunggu di depan pintu kamar mandi saat kita sedang berada di dalam kamar mandi. Setiap kali Anda masuk untuk mandi atau buang air, kucing berada di posisi mereka di depan pintu dan tetap di sana sampai Anda keluar dari kamar mandi.

Nah, apa sebetulnya penyebab kucing menunggu kita di depan pintu kamar mandi? Dikutip dari Popsugar, Senin (28/6/2021), berikut penjelasan dokter hewan mengenai hal tersebut.

Baca juga: Ciri-ciri Kucing akan Segera Melahirkan

Ternyata, ada beberapa alasan menarik mengapa kucing mungkin menunggu di luar pintu kamar mandi saat Anda berada di dalamnya. Salah satu alasannya, jelas Dwight Alleyne, dokter hewan dan direktur medis di Destination Pet dan pakar kesehatan hewan JustAnswer, berkaitan dengan kepribadian kucing.

Ilustrasi kucing sedang dielusUnsplash/Paul Hanaoka Ilustrasi kucing sedang dielus

"Kucing yang penyayang senang berada di dekat pemiliknya di mana pun mereka berada," kata Alleyne.

Menurut dia, untuk menjelaskan bahwa kucing yang penuh kasih sayang mungkin tidak mengerti bahwa kamar mandi adalah tempat untuk privasi dan akan bersikeras mengikuti Anda ke sana.

Alasan lain berkaitan dengan rasa ingin tahu mereka. Kucing pada dasarnya bersifat teritorial, jadi saat mereka dihalangi dari bagian tertentu rumah ruang yang terlarang bagi kucing dapat menimbulkan rasa ingin tahu mereka.

Baca juga: Penyebab Kucing Pincang dan Cara Mengobatinya

"Saat Anda memasuki kamar mandi, kucing Anda akan sedikit penasaran mengapa mereka dikucilkan," sebut Mikel (Maria) Delgado, konsultan perilaku kucing bersertifikat dan pakar perilaku kucing di Rover.

"Kamar mandi adalah satu-satunya ruangan yang paling sering kami tutup daripada ruangan lain di rumah kami," imbuh Delgado.

Halaman:
Sumber Popsugar
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com