Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Manfaatkan Waktu di Rumah Saja dengan Lakukan Hal Berikut Ini

JAKARTA, KOMPAS.com—Untuk mengurangi penularan Covid-19, pemerintah kembali mengeluarkan himbauan untuk lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja.

Waktu yang panjang yang harus dihabiskan dengan di rumah saja tentu membuat kita bosan. Untuk mengisinya, kamu bisa melakukan beberapa kegiatan bermanfaat seperti menata dan membersihkan rumah.

Rumah yang rapi dan tertata tentu akan membuat kita merasa nyaman. Hal ini akan membuatmu betah berada di rumah dan tentu lebih sehat.

Untuk kamu yang ingin mencoba, berikut adalah bebrapa tips untuk menata rumah seperti dilansir dari Budget Dumpster, Senin (5/7/2021).

1. Tetapkan tujuan

Untuk memulainya, ada baiknya kamu menetapkan tujuan di awal. Dengan demikian, kamu tidak akan merasa bingung harus memulai dari mana. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat kamu akan memulai:

2. Sortir barang

Gunakan kesempatan bersih-bersih ini untuk menyortir barang dan membuang yang tidak


kamu perlukan.

Kamu bisa menggunakan metode tiga kotak dengan label simpan, singkirkan dan letakkan di gudang.

  • Simpan: Barang-barang yang berguna dalam kehidupan sehari-hari

Isi kotak ini setelah kamu menyelesaikan setiap ruang, lalu taruh barang-barang ini di rumah sesuai dengan fungsinya. Idealnya, barang-barang tersebut harus disimpan rapi di dalam wadah atau laci dan diberi label.

  • Singkirkan: Item yang tidak lagi digunakan

Kosongkan kotak ini setelah kamu menyelesaikan setiap ruang, dan putuskan apakah kamu akan menyumbang atau membuang setiap item.

  • Taruh di gudang: Barang musiman atau sentimental

Kosongkan kotak ini ke dalam wadah penyimpanan setelah kamu menyelesaikan setiap ruang. Beri label wadah penyimpanan, dan susun dengan rapi di area penyimpanan yang ditentukan.

Setelah menyeleksi barang yang hendak kamu singkirkan kamu bisa melakukan beberapa cara:

  • Membuangnya: Jika barang-barang yang kamu singkirkan sudah benar-benar tak bisa digunakan atau rusak, kamu bisa membuangnya dengan menyewa tenaga pembuang sampah psrofesional juga sampah terlalu banyak dan menumpuk. 
  • Jika sedikit, kumpulkan dalam plastik sampah besar dan ikat sebelum membuangnya ke tempat pembuangan akhir di lingkunganmu.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/05/080000976/manfaatkan-waktu-di-rumah-saja-dengan-lakukan-hal-berikut-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke