Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/06/2021, 15:00 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Lovetoknow

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyetrika pakaian tak hanya membuat pakaian rapi dan halus, tetapi juga dapat menghilangkan bakteri serta kuman di pakaian.

Akan tetapi, sebagian orang pernah mengalami permasalahan saat menyetrika pakaian, yang menyebabkan elemen panas atau bagian bawah setrika menjadi gosong atau hangus

Baca juga: Cara Membersihkan Tapak Setrika yang Berkerak Menggunakan Garam

Untungnya, masalah ini dapat dibersihkan dengan cukup mudah, bahkan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah

Namun, sebelum membersihkan, pastikan sudah mencabut kabel setrika terlebih dulu dan setrika dalam keadaan dingin. 

Melansir dari Lovetoknow, Jumat (25/6/2021), berikut ini lima bahan yang ampuh membersihkan noda gosong pada setrika. 

Baca juga: Hindari, 5 Kesalahan dalam Menggunakan Setrika

Cuka

Jika bekas gosong sangat parah, Anda harus lebih agresif dalam membersihkannya. Daripada menggunakan garam, panaskan cuka putih dan celupkan kain lembut ke dalamnya.

Selanjutnya, usap perlahan permukaan setrika yang hangus sampai bekasnya menghilang dan menyekanya menggunakan kain yang dibasahi air bersih. 

Baca juga: 7 Cara Membersihkan Tapak Setrika Uap yang Kotor

Jika cuka tidak menghilangkan bekasnya, Anda perlu mencampur beberapa sendok teh garam meja atau baking soda dengan cuka putih panas. Aduk campuran sampai garam atau baking soda larut.

Rendam kain bersih dalam larutan pembersih, lalu bersihkan permukaan bagian bawah setrika. Lanjutkan menyeka sampai noda hilang dan bersihkan bagian bawah setrika dengan handuk bersih dan lembap sebelum disimpan. 

Baca juga: Elemen Pemanas Setrika Kotor dan Lengket? Ini Cara Membersihkannya

Detergen

Jika setrika memiliki pelat sol antilengket, Anda memiliki pilihan untuk membersihkan noda dengan sedikit detergen cair. Cukup tambahkan satu atau dua tetes detergen ke dalam mangkuk kecil dengan air hangat.

Selanjutnya, celupkan kain bersih ke dalam larutan dan gosok pelat sol. Terakhir, keringkan bagian bawah setrika dengan handuk sebelum menggunakan alat lagi. 

Baca juga: Bukan Setrika, Steamer Lebih Baik Digunakan untuk Merapikan Pakaian

Sabun cuci piring 

Ada kalanya tanda gosong menutupi ventilasi besi. Untuk membersihkan kotoran jenis ini, buat campuran larutan air dan sabun cuci piring, lalu aduk rata sampai menyatu. 

Setelah itu, celupkan cotton bud ke dalam larutan pembersih dan gosokkan pada pelat sol yang hangus dan lubang ventilasi yang kotor. Setelah noda hilang, gunakan kain bersih untuk mengeringkan setrika. 

Baca juga: Kelebihan Setrika Uap dalam Menyetrika Pakaian

Hidrogen peroksida

Cara sederhana membersihkan noda gosong pada adalah merendam lap ke dalam hidrogen peroksida, kemudian tempelkan lap di atas elemen pemanas setrika yang gosong sampai noda terangkat. 

Jeruk nipis dan baking soda 

Asam dari jeruk nipis dan tindakan abrasif lembut dari baking soda akan membuat setrika tampak seperti baru. Caranya, cukup peras satu jeruk nipis dan tambahkan baking soda secukupnya untuk membuat pasta. 

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Setrika Uap Lebih Baik Daripada Setrika Biasa

Setelahnya, tempelkan pasta ke bagian setrika yang gosong, kemudian biarkan setrika menjadi dingin selama lima menit. Gosok perlahan bagian bawah setrika dan bersihkan sisa pasta dengan kain lembap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com