Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Membersihkan Bagian Bawah Setrika yang Kotor

Kompas.com - 13/01/2021, 18:33 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Handy

JAKARTA, KOMPAS.com - Menggunakan setrika atau gosokan untuk menghilangkan kerutan dan lipatan dari pakaian adalah rutinitas penting dalam hidup kita, sehingga pakaianmu terlihat menjadi rapi dan manis.

Namun, penting untuk membersihkan dan memelihara setrika, karena bagian bawah setrika dapat menjadi lengket, berdebu, dan berminyak.

Dalam beberapa situasi, bagian bawah setrika yang kotor bisa menyebabkan kain meleleh, sehingga menimbulkan kekacauan pada pakaian kesayanganmu.

Baca juga: 4 Permasalahan yang Sering Terjadi pada Setrika Uap

Dengan merawat setrika, alat pelicin itu dapat meluncur dengan mudah di seluruh gaun, kemeja, celana panjang, dan lainnya.

Apabila kamu mencari tahu bagaimana cara membersihkan sebuah setrika, beberapa panduan ini akan memberimu 10 cara membersihkan setrika dengan benar, dilansir dari Handy, Rabu (13/1/2021).

1. Gunakan soda kue dan air untuk membersihkan tapak setrika.

Metode ini adalah cara yang bagus untuk melarutkan kotoran yang timbul pada setrikamu. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mencampurkan soda kue dan sedikit air untuk membuat pasta.

Kemudian, usapkan pasta ini pada tapak setrika dengan menggunakan sikat gigi atau handuk lembut untuk menggosok. Cukup gunakan air untuk membersihkannya.

Baca juga: 7 Fungsi Setrika Selain untuk Melicinkan Pakaian

Pastikan pasta sudah benar-benar dibersihkan dan biarkan setrika mengering sebelum digunakan.

2. Gunakan koran

Panaskan setrika pada pengaturan tertinggi dan kenakan sarung tangan oven untuk melindungi tanganmu dari panas. Sisihkan beberapa koran dan gunakan untuk menggosok tapak setrika. Itu saja.

3. Menggunakan penghapus cat kuku

Ini adalah metode yang bagus untuk melarutkan dan menyeka kotoran setrika. Nyalakan setrika dan biarkan memanas. Rendam bola kapas dengan penghapus cat kuku.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com