Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Anjing Mengonsumsi Stroberi? Ini Penjelasannya Menurut Ahli

Kompas.com - 24/06/2021, 14:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian besar buah dan sayuran sebetulnya aman dikonsumsi  anjing, asalkan dalam jumlah sedang atau tidak berlebih.

Memberikan anjing makan buah sesekali dapat memperoleh keuntungan nutrisi. Namun, ada beberapa buah yang tidak baik bagi anjing sekali pun buah itu mengadung nutrisi sehat. Lantas, bagaimana dengan buah stroberi? Bolehkan anjing mengonsumsi stroberi? 

Baca juga: 9 Tips Mudah Menanam Stroberi Sendiri di Rumah

Dilansir dari The Healthy, Kamis (24/6/2021), stroberi termasuk salah satu buah yang tidak beracun bagi anjing sehingga aman dikonsumsi. Buah stroberi kaya vitamin dan mineral, antioksidan, serta senyawa yang dapat membantu mencegah kerusakan sel. 

Senyawa ini tentu saja memberikan manfaaat kesehatan yang tidak hanya baik bagi manusia, tapi juga anjing, di antaranya kesehatan jantung dan fungsi ginjal serta membantu mengontrol kadar gula darah dan kolesterol.

Baca juga: 5 Cara Melakukan Perawatan Anjing yang Ramah Lingkungan

Namun, para ahli menyarankan memberikan buah stroberi utuh pada anjing, bukan olahan makanan rasa stroberi. 

Sebab, stroberi utuh tidak mengandung tambahan gula, lemak, dan bahan-bahan lain yang mungkin tidak dapat dicerna atau ditoleransi dengan baik oleh anjing.

Sedangkan, beberapa produk makanan rasa stroberi mengandung bahan yang dapat menyebabkan masalah kesehatan pada anjing karena mengandung produk susu dan tambahan gula atau pemanis. 

Baca juga: 10 Ras Anjing yang Paling Pintar, German Shepherd hingga Pudel 

Stroberi juga mengandung fruktosa atau gula buah yang cukup tinggi, yang berarti memiliki lebih banyak kalori daripada beberapa buah lain yang kurang manis.

Berapa banyak yang harus dimakan anjing?

Meski menyehatkan, para ahli memperingatkan untuk memperhatikan porsi atau takaran yang sesuai dengan anjing.

Para ahli menyarankan untuk memberikan buah stroberi dalam jumlah kecil kepada anak anjing, sedangkan anjing besar dengan ukuran porsi yang lebih besar. 

Baca juga: Bolehkan Memberikan Makanan Anjing pada Kucing? Ini Aturannya

Tina Wismer, Direktur Senior Pusat Pengendalian Racun Hewan American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA) mengatakan hal paling penting adalah hewan peliharaan harus mendapatkan sebagian besar nutrisi stroberi dari makanan mereka.

“Camilan harus setara dengan tidak lebih dari lima persen dari asupan kalori harian mereka, jadi pertahankan ukuran porsi kecil," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com