Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Sakit, Ini Alasan Mengapa Kucing Tidak Suka Perutnya Dielus

Kompas.com - 19/05/2021, 16:00 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Be Chewy

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing adalah salah satu hewan peliharaan menggemaskan yang kerap membuat seseorang ingin mendekap dan mengelusnya.

Umumnya, seekor kucing akan merasa senang saat seseorang mengelus tubuhnya. Namun, ada salah satu bagian tubuh yang tidak disukai beberapa kucing untuk dielus, yaitu perut. 

Baca juga: Ide Nama Kucing Terinspirasi dari Harry Potter, Tidak Cuma Harry

Saat seseorang mengelus perutnya, beberapa kucing akan menghindar, bahkan menjadi marah. Lantas, mengapa sebagian kucing tidak suka perutnya dielus?

Melansir Be Chewy, Rabu (19/5/2021), sangatlah normal bagi kucing untuk membenci elusan atau gosokan di perutnya. Sama dengan manusia, kucing juga tidak menyukai sentuhan di bagian tertentu di tubuhnya. 

Baca juga: Ternyata, Ini 9 Alasan Kucing Menjilati Tubuhnya Sendiri

Setiap kali kucing peliharaan berguling telentang, kamu pasti tergoda mengelus perutnya dengan lembut. Namun, baru saja meletakkan tangan di dekat perut, kucing sudah mencakar dan kabur.

Jadi, apa yang menyebabkan kucing enggan dielus di bagian perutnya? 

Setiap kucing memiliki kepribadian berbeda. Beberapa kucing mungkin senang membiarkan seseorang mengelus semua tubuh kecil berbulu mereka, sebagian kucing tidak menyukainya. 

Baca juga: 7 Tanda Kucing Mencintai Pemiliknya

“Kucing memiliki preferensi yang berbeda seperti halnya manusia. Jika perut mereka tidak biasa dielus saat masih anak-anak, akan sulit bagi mereka menerima elusan ini saat dewasa," kata Jennifer Catpurr, konsultan perilaku kucing yang berbasis di Florida, Amerika Serikat (AS).  

Lillian Ciardelli, seorang ahli perilaku hewan bersertifikat di Behave Atlanta di Georgia mengatakan bahwa dirinya belum bertemu banyak kucing yang suka menggosok perut. 

Baca juga: Kucing Sembelit: Penyebab, Gejala, dan Cara Menanganinya

“Kucing pada umumnya lebih menyukai elusan seseorang di atas kepalanya, biasanya di dagu, pipi, atau di antara telinganya,” kata Ciardellli.

Namun, ketika kucing menunjukkan perutnya yang menggelembung kepada seseorang, itu bukan berarti ajakan untuk mengelus perutnya.

“Kemungkinan besar kucing sedang bersantai atau melakukan peregangan, bukan meminta disentuh,” ucap Ciardelli. 

Baca juga: Ciri-ciri Kucing Sedang Bosan dan Cara Mengatasinya

Perut adalah area rentan dan sensitif kucing. Bagian itu bukan tempat yang aman untuk tangan manusia. Jika tidak terbiasa, kucing akan menganggap bahwa elusan seseorang di perut adalah tindakan yang dilakukan oleh musuh yang berusaha mengancamnya.

Dalam sebuah studi National Geographic, Lena Provoost, ahli perilaku hewan dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Pensylvania, AS, membeberkan alasan sederhana mengapa kucing enggan dielus di bagian perut.  

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut pada Kucing

Folikel bulu pada perut kucing sangatlah sensitif. Jadi, mengelus perut kucing bisa menjadi stimulasi berlebihan karena sensitivitas yang meningkat.

Itulah mengapa kebanyakan kucing akan menjauh atau menjadi agresif saat perutnya dielus atau disentuh seseorang. Karena itu, pemilik kucing perlu memperhatikan tanda-tanda peringatan ini. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com