Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bukan Sakit, Ini Alasan Mengapa Kucing Tidak Suka Perutnya Dielus

Umumnya, seekor kucing akan merasa senang saat seseorang mengelus tubuhnya. Namun, ada salah satu bagian tubuh yang tidak disukai beberapa kucing untuk dielus, yaitu perut. 

Saat seseorang mengelus perutnya, beberapa kucing akan menghindar, bahkan menjadi marah. Lantas, mengapa sebagian kucing tidak suka perutnya dielus?

Melansir Be Chewy, Rabu (19/5/2021), sangatlah normal bagi kucing untuk membenci elusan atau gosokan di perutnya. Sama dengan manusia, kucing juga tidak menyukai sentuhan di bagian tertentu di tubuhnya. 

Setiap kali kucing peliharaan berguling telentang, kamu pasti tergoda mengelus perutnya dengan lembut. Namun, baru saja meletakkan tangan di dekat perut, kucing sudah mencakar dan kabur.

Jadi, apa yang menyebabkan kucing enggan dielus di bagian perutnya? 

Setiap kucing memiliki kepribadian berbeda. Beberapa kucing mungkin senang membiarkan seseorang mengelus semua tubuh kecil berbulu mereka, sebagian kucing tidak menyukainya. 

“Kucing memiliki preferensi yang berbeda seperti halnya manusia. Jika perut mereka tidak biasa dielus saat masih anak-anak, akan sulit bagi mereka menerima elusan ini saat dewasa," kata Jennifer Catpurr, konsultan perilaku kucing yang berbasis di Florida, Amerika Serikat (AS).  

Lillian Ciardelli, seorang ahli perilaku hewan bersertifikat di Behave Atlanta di Georgia mengatakan bahwa dirinya belum bertemu banyak kucing yang suka menggosok perut. 

“Kucing pada umumnya lebih menyukai elusan seseorang di atas kepalanya, biasanya di dagu, pipi, atau di antara telinganya,” kata Ciardellli.

Namun, ketika kucing menunjukkan perutnya yang menggelembung kepada seseorang, itu bukan berarti ajakan untuk mengelus perutnya.

“Kemungkinan besar kucing sedang bersantai atau melakukan peregangan, bukan meminta disentuh,” ucap Ciardelli. 

Perut adalah area rentan dan sensitif kucing. Bagian itu bukan tempat yang aman untuk tangan manusia. Jika tidak terbiasa, kucing akan menganggap bahwa elusan seseorang di perut adalah tindakan yang dilakukan oleh musuh yang berusaha mengancamnya.

Dalam sebuah studi National Geographic, Lena Provoost, ahli perilaku hewan dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Pensylvania, AS, membeberkan alasan sederhana mengapa kucing enggan dielus di bagian perut.  

Folikel bulu pada perut kucing sangatlah sensitif. Jadi, mengelus perut kucing bisa menjadi stimulasi berlebihan karena sensitivitas yang meningkat.

Itulah mengapa kebanyakan kucing akan menjauh atau menjadi agresif saat perutnya dielus atau disentuh seseorang. Karena itu, pemilik kucing perlu memperhatikan tanda-tanda peringatan ini. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/05/19/160000076/bukan-sakit-ini-alasan-mengapa-kucing-tidak-suka-perutnya-dielus-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke