Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/05/2021, 16:42 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendapati kucing peliharaan yang tiba-tiba tak mau makan tentu membuat khawatir setiap pemiliknya, terlebih bila si kucing sebelumnya doyan makan. 

Tak tinggal diam, pemilik kucing pun melakukan beragam cara agar nafsu makan sahabat bulu mereka itu kembali muncul seperti mengganti jenis makanannya dan membawa ke dokter hewan

Baca juga: Kucing Sembelit: Penyebab, Gejala, dan Cara Menanganinya

Sebetulnya, perilaku kucing yang tiba-tiba enggan makan ini umum dialami kucing dan hewan peliharaan lainnya. Hal ini pun disebabkan berbagai faktor. 

Nah, demi mengusir kekhawatiran dan rasa penasaran, berikut ini penyebab kucing tidak mau makan dilansir dari berbagai sumber, Senin (17/5/2021). 

Baca juga: 7 Fakta Menarik Tentang Kucing Oranye

Mengidap Penyakit

Kehilangan nafsu makan adalah salah satu penyebab bahwa ada sesuatu yang bermasalah pada kesehatan si kucing seperti infeksi, gagal ginjal, pankreatitis, masalah usus, dan kanker.

Meski begitu, tak semua kucing yang tidak mau makan menderita penyakit serius. Ada yang justru mengalami sakit sederhana seperti sakit gigi. Jadi, pastikan memperhatikan kucing peliharaan saat tiba-tiba berhenti makan. 

Baca juga: Ketahui, Ini Bagian Tubuh yang Disukai Kucing Saat Dibelai

Baru Divaksinasi

Meski telah menjadi penyelamat hidup bagi jutaan hewan, vaksin pada hewan bisa menyebabkan efek samping pada beberapa hewan.

Kehilangan nafsu makan adalah salah satu efek samping yang biasa dialami kucing. Namun, hal ini bersifat sementara dan ringan. 

Baca juga: Ciri-ciri Kucing Sedang Bosan dan Cara Mengatasinya

Bepergian dan Lingkungan Baru 

Sama dengan orang, kucing juga memerlukan adaptasi dengan perubahan dan lingkungan yang baru saat bepergian. Tak heran, perubahan rutinitas bisa mengakibatkan hilangnya nafsu makan. 

Selain itu, beberapa hewan mengalami mabuk perjalanan saat bepergian dengan mobil atau pesawat, yang akhirnya dapat menyebabkan mual dan kehilangan nafsu makan. 

Baca juga: Cara Merawat Munchkin, Jenis Kucing Kaki Pendek yang Menggemaskan

Kecemasan atau Masalah Psikologis

Kecemasan atau depresi bisa menjadi alasan kucing tidak mau makan. Hal ini bisa saja disebabkan oleh perubahan suasana di rumah. Misalnya, kedatangan orang baru serta perubahan makanan atau jadwal makan.

Perubahan ini dapat mempengaruhi kesejahteraan emosional kucing, yang akhirnya membuatnya malas makan. Perlu diketahui, kucing umumnya membutuhkan waktu lama untuk menyesuaikan diri dengan jenis makanan baru. 

Baca juga: Waspada! Ini Pertanda Kucing Harus Segera Dibawa ke Dokter Hewan

Masalah Sistem Pencernaan

Masalah sistem pencernaan sistem pencernaan dapat menyebabkan kucing berhenti makan. Kucing mungkin mengalami muntah, diare, atau sakit perut di samping masalah pencernaan. 

Masalah pencernaan ini bisa meliputi refluks asam, tumor, ketidakseimbangan bakteri usus, parasit, penyakit iritasi usus besar, dan masalah lainnya. 

Baca juga: Lakukan Ini agar Kucing Peliharaan Terhindar dari Penyakit Kulit

Adanya Benda di Perut 

Meski telah diberikan makanan hewan yang sehat, tetap saja beberapa kucing peliharaan ada yang diam-diam "nakal". Mereka mengonsumsi makanan yang tidak boleh dimakan, bahkan benda-benda berbahaya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com