Kompas.com - 14/05/2021, 11:00 WIB
Ilustrasi kucing Ragamuffin. SHUTTERSTOCK/EVRYMMNTIlustrasi kucing Ragamuffin.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama seperti manusia, kucing juga bisa mengalami beragam masalah kulit yang mengerikan, seperti kurap, jamur, kutu, infeksi dan sebagainya.

Saat kucing memiliki masalah kulit, itu berpengaruh terhadap bulunya yang menjadi tidak sehat, mengakibatkan kusam, rontok, kasar hingga kebotakan.

Kucing yang memiliki penyakit kulit tentu membuat sebagian orang merasa jijik dan takut untuk mendekati, apalagi mengelusnya.

Baca juga: Alasan Kucing Suka Menjilati Pemiliknya

Oleh karena itu, penting untuk mencegah penyakit kulit menghampiri kucing kesayangan di rumah, supaya mereka tetap terlihat lucu dan menggemaskan.

Dilansir berbagai sumber, Jumat (14/5/2021), berikut ini beberapa cara untuk mencegah kucing terkena penyakit kulit.

1. Jauhkan bulunya dari kutu

Dikutip dari PDSA, penting untuk melindungi kucing peliharaan dari kutu dengan selalu melakukan perawatan kutu. Lakukan perawatan kutu minimal setiap bulan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Periksa bulu dan kulit kucing secara teratur

Penting untuk memeriksa bulu dan kulit kucing secara teratur. Waspadai setiap perubahan termasuk luka, koreng, dan ketombe.

Baca juga: Kucing Peliharaan Suka Menggigit, Tanda Kasih Sayang?

3. Beri makan yang baik dan sesuai serta atur pola makannya

Beri kucing makanan yang sesuai untuk mereka dan membuat bulunya berkilau. Pastikan makanan kucing mengandung omega-3 yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan bulunya.

Lihat kandungan omega-3 dari komposisi bahan yang tercantum pada kemasan makanan kucing di bagian belakang.

Jika kucingmu memiliki kulit sensitif, mereka mungkin mendapat manfaat dari pola makan hipoalergenik.

Hipoalergenik adalah pakan yang diformulasikan khusus untuk membantu mengurangi intoleransi bahan makanan tertentu atau alergi makanan pada kucing.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X