Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/05/2021, 15:15 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cat adalah elemen penting dalam sebuah rumah, baik sebagai pelapis dinding, kusen, furnitur, hingga genteng dan pagar. Cat untuk rumah dapat dibedakan menjadi dua, yakni cat interior dan cat eksterior.

Dilihat dari namanya tampaknya sudah jelas, yakni cat interior untuk bagian dalam rumah, sementara cat eksterior untuk bagian luar rumah. Namun demikian, apa sebenarnya perbedaan cat interior dan cat eksterior?

Dilansir dari Family Handyman, Minggu (16/5/2021), berikut penjelasan mengenai perbedaan antara cat interior dan cat interior.

Baca juga: Tips Memilih Warna Cat yang Sempurna untuk Dinding Rumah

Sekilas mengenai cat

Mark Savino, penasihat renovasi strategis di YouthfulHome, mengatakan cat memiliki empat komponen, yakni pelarut, pigmen, resin, dan aditif.

Ilustrasi cat dinding, mengecat dinding.FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi cat dinding, mengecat dinding.

Pelarut melarutkan dan menggabungkan bahan lainnya menjadi cairan, dan menguap saat cat mengering. Dalam cat lateks dan akrilik, pelarutnya adalah air.

Pada cat berbahan dasar minyak, pelarutnya adalah terpentin atau mineral spirit.

Pigmen adalah bahan yang digiling halus yang memberi warna pada cat. Pigmen terbuat dari tumbuhan, mineral atau bahan hewani, atau diproduksi secara sintetis.

Baca juga: Furnitur Kayu Pudar? Gunakan Cat Susu untuk Membuatnya Tampak Baru

Sementara itu, aditif meningkatkan tampilan dan performa cat. Ini termasuk bahan pengental, atau bahan kimia yang menghasilkan hasil akhir matte, satin atau kilap tinggi, serta fungisida pada cat eksterior.

Resin menahan pigmen bersama-sama dan membantu cat menempel ke permukaan. Resin mungkin kaku atau lebih elastis, tergantung pada apakah cat itu untuk penggunaan interior atau eksterior.

Perbedaan utama cat interior dan cat eksterior

“Perbedaan utama antara cat interior dan eksterior adalah jenis resin dan aditif yang digunakan masing-masing,” jelas Savino.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com