Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Kesalahan yang Mungkin Kamu Lakukan dengan Mesin Cuci

Kompas.com - 05/04/2021, 18:19 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin cuci adalah barang elektronik penyelamat bagi setiap orang dalam membersihkan pakaian, sehingga mereka tidak harus mengeluarkan tenaga ekstra dalam mencuci.

Tidak hanya membersihkan pakaian kesayanganmu secara mendalam, jika digunakan dengan benar, mesin cuci juga dapat membuat pakaianmu terlihat segar dan baru.

Namun, jika kamu tidak menggunakan mesin cuci dengan benar, kamu dapat menciptakan banyak sekali masalah cucian yang bahkan mungkin tidak kamu sadari.

Baca juga: Pakaian Bau Setelah Dicuci dengan Mesin Cuci? Penyebab dan Solusinya

Dari terlalu banyak detergen hingga muatan yang terlalu besar dan banyak lagi, baca lebih lanjut mengenai kesalahan umum yang mungkin kamu lakukan dengan mesin cucimu, dilansir dari beberapa sumber, Senin (5/4/2021).

1. Kamu tidak menambahkan deterjen dalam jumlah yang tepat

Jika kamu mengira mengisi secangkir detergen secara berlebihan akan membuat pakaianmu lebih bersih, maka inilah saatnya untuk berpikir ulang.

Menambahkan terlalu banyak detergen membuat sabun lebih sulit untuk dibilas dari pakaianmu. Sebaliknya, detergen yang terlalu sedikit tidak akan membuat kotoran dan noda keluar dari segala macam pakaianmu.

Ratakan pakaian dan lihat manual mesin cucimu untuk mengetahui rekomendasi deterjen tertentu.

Baca juga: 8 Benda yang Tidak Boleh Masuk ke Mesin Cuci, Koin hingga Bra

Selain itu, periksa kembali label pada kemasan detergen untuk jumlah yang disarankan, agar kamu tidak menggunakan terlalu banyak atau terlalu sedikit detergen.

2. Kamu tidak memuat pakaianmu dengan benar

Tidak ada yang membuat mesin cucimu bekerja lebih keras daripada memuatnya secara berlebihan, itulah mengapa mesin cuci biasanya memiliki aturan tentang berapa banyak muatan yang dapat kamu masukkan ke dalamnya.

Selain menggerogoti motor mesin cucimu, ketika kamu memuat terlalu banyak pakaian, ada sedikit ruang bagi pakaianmi untuk bersirkulasi di dalam detergen dan air, yang berarti tidak akan mendapatkan pembersihan yang layak.

Sebagai aturan praktis, jangan pernah mengisi pakaian di tabung mesin cucimu lebih dari tiga perempat dari kapasitasnya untuk menghindari risiko kerusakan mesin dan pakaian yang kurang bersih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com