Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/04/2021, 20:23 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain dekorasi ruang, suhu udara di dalam ruangan menjadi salah satu faktor kenyamanan saat sedang beraktivjtas di dalamnya. Ketika musim panas tiba, suhu panas di luar ruangan akan menyebabkan kenaikan suhu juga di dalam ruangan.

Beberapa orang memilih menggunakan beragam peralatan elektronik seperti AC, dan kipas untuk menurunkan suhu di dalam ruangan.

Namun, di luar kedua perlengakapan elektronik tersebut, Anda juga bisa memilih air cooler sebagai alternatif lainnya.

Baca juga: Udara di Dalam Rumah Panas? Pakai Cara Ini agar Sejuk

Berbeda dengan kipas angin yang memutarkan udara di dalam ruangan, air cooler memberikan udara yang lebih sejuk.

Hal ini karena, air cooler dilengkapi tangki untuk menampung air dingin atau es batu yang nantinya akan diembuskan ke udara.

"Kalau air cooler memang tidak terlalu kencang embusan anginnya, namun lebih memberikan kelembaban pada ruangan saja. Ruangan akan lebih sejuk walau tidak memberikan angin yang kencang, dan air cooler lebih diburu akhir-akhir ini, terlebih yang berukuran mini," ujar salah satu staff toko perlengkapan rumah tangga yang ditemui Kompas.com beberapa hari yang lalu.

Beberapa produsen elektronik menawarkan air cooler dengan kapasitas mini dan harga terjangkau di bawah Rp 500.000. Berikut beberapa air cooler mini yang Kompas.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (1/4/2021). 

Baca juga: 8 Cara Menjaga Rumah Tetap Sejuk Meski Tanpa AC

1. Kris Air Cooler Mini 700ml

Untuk ruangan yang tidak terlalu besar, air cooler mini dari Kris ini bisa menjadi pilihan. Memiliki desain yang mini, air cooler ini bisa diletakkan dan dibawa ke ruangan mana saja ketika diperlukan.

Air cooler ini memiliki dimensi produk 16 x 13,5 x 17,9 cm dan dilengkapi berbagai fitur. Mulai dari tiga tingkat kecepatan kipas, kapasitas tangki 700 ml, dan 7 warna lampu LED.

Untuk pengoperasiannya, Anda harus mengisi tangki dengan air dingin agar udara lebih sejuk, kemudian sambungkan dengan listrik. Air cooler yang memerlukan daya listrik sebesar 7 watt ini dapat menurunkan suhu hingga 5-10 derajat celcius di bawah suhu normal ruangan.

Air cooler yang tersedia dalam warna putih ini bisa didapatkan dengan harga normal Rp 299.000 per unit. Namun, ketika diskon Anda bisa mendapatkan harga Rp 199.000 per unit.

 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com