Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Sebaiknya Pemupukan Tanaman Dilakukan, Pagi atau Malam Hari?

Kompas.com - 01/04/2021, 15:55 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memberikan pupuk dapat membantu proses pertumbuhan tanaman tersebut, karena di dalam pupuk terkandung berbagai nutrisi untuk merangsang pertumbuhan tanaman.

Biasanya, seperti yang dilansir dari Home Guides SF Gate, Kamis (1/4/2021), pemupukan tanaman bisa dilakukan bertepatan dengan program penyiraman tanaman tersebut dan pada waktu tertentu dalam setahun.

Membantu nutrisi menemukan jalannya ke dalam tanah yang dalam, pupuk harus larut dalam air yang mengalir dan berpindah dari permukaan ke akar yang membutuhkan pupuk ini.

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Tanaman dari Cangkang Telur

Oleh karena itu, memilih waktu terbaik untuk memupuk tanaman dapat berkontribusi pada tanaman yang lebih sehat dalam jangka panjang.

Waktu ideal memberi pupuk

Memberikan pupuk di pagi hari memungkinkan Anda dapat memanfaatkan suhu dingin dan mengurangi angin.

Saat Anda menyebarkan nutrisi secara merata di lapisan atas tanah, Anda dapat menyiraminya tanpa banyak penguapan atau kehilangan angin, sehingga elemen yang diperlukan bisa mencapai akar dengan cepat dan segera memicu penyerapan.

Selain itu, tanaman tidak stres karena udara panas di tengah hari, jadi mereka lebih mudah menyerap nutrisi saat turun melalui tanah.

Baca juga: Gunakan Kedua Pupuk Ini untuk Membuat Cabai Berbuah Lebat

Pemupukan di malam hari

Pemupukan di malam hari merupakan salah satu alternatif lainnya. Meskipun tanaman tidak stres karena panas siang hari, strategi pemupukan yang khas dengan menerapkannya dari atas, bisa menyebabkan genangan air di dedaunan.

Jika kelembaban tetap ada pada tanaman semalaman, mereka rentan terhadap infeksi jamur. Pemupukan ini harus menjamin bahwa dedaunan tidak basah kuyup dalam semalam dan setiap tanaman menerima pupuk yang diperlukan untuk pertumbuhan optimal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com