Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/03/2021, 07:26 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran agas jamur, atau serangga kecil yang melayang-layang di dekat tanaman rumah Anda memang mengganggu.

Larva dari hama yang mirip dengan nyamuk ini dapat menyebabkan kerusakan sistem akar yang parah.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Sabtu (27/3/2021), hama ini seringkali tertarik dengan buah yang matang.

Baca juga: Cara Termudah Menjauhkan Hama Semut dan Serangga dari Aglonema

Selain itu, agas jamur sangat suka mengendap di tanah pot yang lembap, karena mereka memakan jamur dan materi tanaman yang membusuk.

Namun, alih-alih membuang tanaman, Anda bisa membasmi agas jamur yang mengganggu menggunakan cuka rumah tangga. Bagaimana caranya? Simak ulasannya berikut ini.

Membuat perangkap

Untuk membasmi agas jamur menggunakan cuka, tuang seperempat sendok makan ke dalam cangkir plastik bening, atau semi buram untuk membuat perangkap agas jamur.

Kemudian, tambahkan satu atau dua tetes sabun cuci piring cair, dan aduk agar tercampur rata. Tutupi bagian atas cangkir dengan selotip transparan, sisakan bukaan seperdelapan inci di tengah area selotip.

Baca juga: Hama dan Penyakit yang Sering Menyerang Cabai dan Cara Mengatasinya

Tempatkan perangkap cuka di dekat tanaman hias Anda dan periksa setiap hari. Jangan ganggu jika Anda melihat agas berkumpul di atas area yang ditempel, mereka akan segera menemukan jalan mereka ke dalam lubang dan menuju ke cuka.

Siapkan beberapa perangkap lengket kuning di sekitar tanaman hias Anda untuk menarik agas jamur dewasa yang melayang ke area tersebut.

Cara lainnya untuk mengetahui tanaman terkena hama ini adalah dengan menggunakan potongan kentang.

Potong kentang mentah segar menjadi beberapa bagian, kemudian tempatkan beberapa potong di atas tanah tanaman hias selama dua atau tiga hari. Ambil potongan kentang dan lihat apakah ada agas jamur yang memakannya.

Buang tanah dan penyiraman

Agar serangan hama ini tidak berkepanjangan, keluarkan tanaman hias dari potnya dengan hati-hati jika Anda telah menemukan larva jamur agas.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com