Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Memanfaatkan Ruang Dapur agar Lebih Maksimal

Kompas.com - 26/03/2021, 18:11 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Decortips

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain kamar tidur dan kamar mandi, kamu pasti juga cukup banyak menghabiskan waktu untuk menggunakan dapur di rumahmu.

Kunjungan ke dapur mungkin menjadi lebih sering dari yang kamu sadari, terutama saat kamu terus berada di rumah karena pandemi Covid-19.

Dapur sendiri menjadi ruang inti dari sebuah rumah yang digunakan untuk menyiapkan camilan cepat dan makanan besar untukmu dan keluarga.

Baca juga: 5 Cara Menjaga Meja Dapur Tetap Bersih

Jadi, mari kita lihat cara memaksimalkan ruang di dapurmu agar kamu bisa memanfaatkan sepenuhnya. Perlu kamu ingat, tidak ada yang namanya dapur kecil, hanya dapur yang tertata dengan buruk.

Setelah membaca tips di bawah ini, kamu akan menyadari bahwa ukurannya tidak penting, melainkan caramu memanfaatkan ruang dengan sebaik-baiknya.

Dilansir dari Decortips, Jumat (26/3/2021), berikut ini beberapa tips untuk memaksimalkan dapur yang kamu miliki di rumah.

1. Warna

Memilih warna yang tepat untuk dinding, lantai, dan perlengkapan akan memberikan efek visual yang lebih pada dapurmu dan mencerahkannya.

Baca juga: 6 Tips Membersihkan Dapur yang Berantakan Setelah Sajikan Makan Malam

Pilih warna yang memantulkan cahaya, seperti warna putih, kuning, atau netral. Juga, mereka akan membantumu menjaga dapurmu dalam kondisi bersih.

2. Fungsionalitas di atas segalanya

Dapurmu harus terlihat cantik, tetapi harus berfungsi juga. Jika kamu tidak memiliki banyak ruang tetapi ingin memaksimalkan setiap inci, tambahkan furnitur lipat.

Aksesori yang dapat dilepas adalah pilihan lain, seperti talenan makanan yang dapat kamu simpan dengan mudah saat tidak dibutuhkan.

3. Pemanfaatan ruang

Berkat desain khusus, kamu dapat menggabungkan rak terbuka untuk mengoptimalkan ruang yang sudah kamu miliki.

Selain itu, kamu juga bisa mengganti ornamen dapur mewahmu dengan barang yang lebih praktis seperti toples kaca untuk menyimpan kacang, nasi, pasta, dan lain-lain.

Halaman:
Sumber Decortips
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com