Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Kasur yang Benar, Lakukan 6 Bulan Sekali

Kompas.com - 09/03/2021, 20:32 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Pure Wow

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan rumah barangkali merupakan aktivitas rutin yang dilakukan Anda dan pemilik rumah lainnya. Namun, bagaimana dengan membersihkan kasur, apakah juga dilakukan secara rutin?

Banyak di antara kita lupa betapa pentingnya membersihkan kasur secara menyeluruh. Nah, mulai saat ini, jadwalkan pembersihan kasur, bantal, dan guling Anda secara berkala.

Dilansir dari Pure Wow, Selasa (9/3/2021), seprai dan kasur tidak kedap udara dalam hal melindungi kasur dari keringat, tumpahan, dan debu. Oleh sebab itu, seprai dan sarung bantal sebaiknya dicuci setiap beberapa minggu, idealnya setiap dua minggu.

Baca juga: Cara Membersihkan Kasur yang Terendam Banjir

Kasur pun perlu dibersihkan. Pikirkan apa yang bersembunyi di bawah permukaan, di dalam, dan di atas kasur, jika Anda belum pernah membersihkannya.

Penelitian telah menunjukkan tempat tidur dan kasur bisa menjadi penyebab di balik beberapa alergi, pilek, dan penyakit. Amerisleep melaporkan kasur yang berumur satu minggu sudah memiliki lebih banyak bakteri daripada kenop pintu kamar mandi.

Satu studi menemukan bantal berbulu tertentu menghasilkan kondisi prima untuk pertumbuhan jamur. Studi lain mengungkapkan bahwa hanya berputar dari satu sisi ke sisi lain di malam hari dapat meluncurkan partikel debu dan kotoran yang tergenang ke udara.

Untuk Anda yang masih bingung bagaimana seharusnya membersihkan kasur, berikut panduannya.

Baca juga: Simak, Cara Menghilangkan Bau Lembab pada Kasur

Cara membersihkan kasur

Jika kasur Anda tidak memiliki noda, bau, atau hama tertentu yang harus ditangani, ini adalah proses standar untuk Anda.

Pertama, lepaskan semua lapisan di tempat tidur Anda, seperti seprai dan termasuk bantalan atau pelindung kasur.

Sedot bagian atas dan samping kasur menggunakan vacuum cleaner. Sedot debu dengan gerakan lingkaran lambat untuk mengambil sebanyak mungkin.

Taburi bagian atas kasur dengan baking soda atau soda kue dan diamkan selama beberapa jam. Jika Anda bisa, jemur kasur di bawah sinar matahari sebentar saja dan diamkan selama 24 jam penuh.

Soda kue menghilangkan bau, menghilangkan kelembaban dan memecah kotoran dan kotoran. Selanjutnya, sedot lagi dengan vacuum cleaner untuk mengangkat semua soda kue.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com