Simak, Cara Menghilangkan Bau Lembab pada Kasur

Kompas.com - 17/01/2021, 15:23 WIB
Ilustrasi membersihkan kasur dengan vacuum cleaner. SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOVIlustrasi membersihkan kasur dengan vacuum cleaner.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasur yang basah atau lembab seringkali menimbulkan bau yang tidak sedap. Tentu saja ini akan mengganggu kenyamanan dalam tidur.

Perlu diingat, kasur yang basah atau lembab akan menimbulkan tumbuhnya jamur. Jamur inilah yang memicu bau pada kasur. 

Jamur akan sulit dibasmi setelah mendapat pijakan pada sesuatu yang berpori seperti kasur, tetapi jika Anda bisa menghilangkan masalah kelembaban, jamur akan mati. Anda kemudian dapat menetralkan bau dengan cuka, soda kue, sinar matahari, atau ketiganya.

Baca juga: Begini Cara Membersihkan Kasur yang Benar

Dilansir dari Hunker, Minggu (17/1/2021), berikut cara menghilangkan bau pada kasur yang basah atau lembab.

1. Keringkan

Kasur Anda perlu bernapas. Biarkan kasur terkena aliran udara segar, dan kelembabannya akan menguap.

Lepaskan semua selimut, bantal dan seprai, lalu buka pintu dan jendela. Setelah satu sisi mengering, balik kasur untuk mengeringkan sisi lainnya.

Mungkin perlu satu atau dua hari agar kasur benar-benar kering, terutama jika kamar tidur Anda gelap, jadi Anda mungkin perlu merencanakan pengaturan alternatif.

Baca juga: Ketahui, Umur Kasur Sesuai dengan Jenisnya

Jika tidak punya, nyalakan kipas angin di kamat tidur untuk meningkatkan sirkulasi udara. Anda juga dapat meminta bantuan untuk membantu membawa kasur keluar untuk dijemur di bawah sinar matahari.

Membiarkan kasur mengering di bawah sinar matahari adalah pilihan terbaik, karena sinar matahari dan ultraviolet membunuh jamur aktif dan merupakan pewangi alami.

2. Sedot dengan vacuum cleaner

Meskipun Anda tidak dapat melihatnya, kasur lembab mungkin memiliki lapisan tipis jamur di permukaannya, dan masih ada di sana, siap untuk hidup kembali, setelah dikeringkan. Inilah mengapa penting untuk menyedot kedua sisi secara menyeluruh.

Setelah selesai menyedot debu, kosongkan kantong vacuum cleaner di luar ruangan untuk mencegah spora terbang kembali ke kasur tempat asalnya.

Halaman:


Sumber Hunker
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X