Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/11/2020, 18:14 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepertiga hidup seseorang dihabiskan untuk tidur, untuk itu pemilihan kasur atau matras sangat berpengaruh dengan kualitas tidur seseorang.

Hal ini juga disampaikan oleh Yoana Vebrie, Senior Marketing Communication Manager Selma di Jakarta, Kamis (19/11/20).

"Kita harus memilih kasur atau matras yang bisa menopang tubuh secara sempurna, tidak terlalu empuk ataupun tidak terlalu keras, sehingga bisa menghasilkan tidur yang berkualitas," ujar Vebrie.

Baca juga: 5 Ukuran Tempat Tidur yang Perlu Diketahui

Pemilihan kasur ini juga harus diperhatikan kebutuhan masing-masing seseorang, jika memang seseorang yang mengalami masalah pada punggung sebaiknya jangan memilih kasur yang terlalu empuk, hal ini akan tidak membuat nyaman.

Lantas bagaimana cara memilih kasur sesuai kebutuhan? Dilansir dari Good Housekeeping, Kamis (19/11/2020), ada berbagai jenis kasur yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

1. Untuk Penderita Alergi

Jika Anda memiliki alergi terhadap debu, bisa menggunakan kasur berbahan busa atau lateks. Busa dan lateks pada dasarnya bersifat antimikroba dan tahan terhadap tungau, debu, dan jamur.

2. Untuk Sakit Punggung

Kasur busa atau foam dan lateks paling baik untuk penderita sakit punggung karena membentuk tubuh Anda sebagai penopang.

Baca juga: Ingin Punya Tempat Tidur Minimalis? Ini yang Harus Diperhatikan

Posisi Tidur Menyamping
Bagi Anda yang sering tidur dalam posisi menyamping, kasur innersprings atau spring bed bisa menjadi pilihan, karena bagian tubuh seperti bahu, serta pinggul Anda butuh penopang agar tetap merasa nyaman ketika tidur.

Baca juga: 5 Ukuran Tempat Tidur yang Perlu Diketahui

3. Tidak Empuk atau Keras

Sementara itu, bagi Anda yang tidak menyukai kasur dengan keempukan yang berlebih, bisa memilih kasur foam atau busa. Perhatikan kepadatan dan ketebalan busa yang akan menentukan seberapa nyaman Anda berbaring.

4. Kasur dengan Pantulan

Jika Anda ingin tidur di kasur yang memiliki kesan memantul atau bergoyang, bisa memilih tipe kasur spring bed. Sebab spring bed memiliki pegas atau spiral di dalamnya.

Jenis kasur ini merupakan yang paling sering digunakan oleh sebagian orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com