Kompas.com - 19/11/2020, 16:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki kamar tidur terbatas harus memperkirakan seberapa besar ukuran tempat tidur yang akan dipakai, termasuk di kamar anak.

Apalagi jika Anda memiliki lebih dari satu anak, harus memerhatikan ukuran tempat tidur tersebut.

Namun sebenarnya ada banyak cara untuk menghemat ruang, salah satunya dengan memiliki tempat tidur tingkat. Selain dapat menghemat ruang, dipan bertingkat ini juga bisa memberikan privasi.

Baca juga: 4 Pilihan Tempat Tidur, Kisaran Harga Rp 1 Juta

Ada dua pilihan untuk bisa mendapatkan tempat tidur tingkat ini, yakni dengan membuat sendiri atau built-in atau membeli jadi ke toko perlengkapan rumah tangga.

Kelebihan built-in adalah bisa menentukan besar sesuai dengan ruangan, serta bahan material yang dipakai, namun harga lebih mahal daripada membeli di toko.

Dilansir dari Matrix Kids, Kamis (19/11/2020), sebelum memutuskan untuk membeli dipan bertingkat ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

1. Pertimbangkan kamar

Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah luasan kamar Anda, berapa tinggi plafon di dalam kamar.

Baca juga: Ingin Punya Tempat Tidur Minimalis? Ini yang Harus Diperhatikan

Jangan sampai menggunakan tempat tidur bertingkat namun tidak memiliki ruang antara plafon dan dipan. Selain itu, pertimbangkan juga peletakkan tempat tidur bertingkat ini, jangan sampai membuat ruangan menjadi lebih sesak.

2. Ukuran tempat tidur
Berikutnya yang harus diperhatikan adalah ukuran dipan bertingkat ini, karena ukuran dipan bertingkat bermacam-macam yakni mulai dari 100 x 200 cm, 120 x 200 cm. Perhatikan ukuran dipan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ilustrasi tempat tidur tingkat di kamar anak.SHUTTERSTOCK/SCOTT-LEE Ilustrasi tempat tidur tingkat di kamar anak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.