Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Cara Menghilangkan Bau Lembab pada Kasur

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasur yang basah atau lembab seringkali menimbulkan bau yang tidak sedap. Tentu saja ini akan mengganggu kenyamanan dalam tidur.

Perlu diingat, kasur yang basah atau lembab akan menimbulkan tumbuhnya jamur. Jamur inilah yang memicu bau pada kasur. 

Jamur akan sulit dibasmi setelah mendapat pijakan pada sesuatu yang berpori seperti kasur, tetapi jika Anda bisa menghilangkan masalah kelembaban, jamur akan mati. Anda kemudian dapat menetralkan bau dengan cuka, soda kue, sinar matahari, atau ketiganya.

Dilansir dari Hunker, Minggu (17/1/2021), berikut cara menghilangkan bau pada kasur yang basah atau lembab.

1. Keringkan

Kasur Anda perlu bernapas. Biarkan kasur terkena aliran udara segar, dan kelembabannya akan menguap.

Lepaskan semua selimut, bantal dan seprai, lalu buka pintu dan jendela. Setelah satu sisi mengering, balik kasur untuk mengeringkan sisi lainnya.

Mungkin perlu satu atau dua hari agar kasur benar-benar kering, terutama jika kamar tidur Anda gelap, jadi Anda mungkin perlu merencanakan pengaturan alternatif.

Jika tidak punya, nyalakan kipas angin di kamat tidur untuk meningkatkan sirkulasi udara. Anda juga dapat meminta bantuan untuk membantu membawa kasur keluar untuk dijemur di bawah sinar matahari.

Membiarkan kasur mengering di bawah sinar matahari adalah pilihan terbaik, karena sinar matahari dan ultraviolet membunuh jamur aktif dan merupakan pewangi alami.

2. Sedot dengan vacuum cleaner

Meskipun Anda tidak dapat melihatnya, kasur lembab mungkin memiliki lapisan tipis jamur di permukaannya, dan masih ada di sana, siap untuk hidup kembali, setelah dikeringkan. Inilah mengapa penting untuk menyedot kedua sisi secara menyeluruh.

Setelah selesai menyedot debu, kosongkan kantong vacuum cleaner di luar ruangan untuk mencegah spora terbang kembali ke kasur tempat asalnya.

Mungkin hanya ini yang perlu Anda lakukan untuk menghilangkan bau apek, tetapi jika tidak, inilah saatnya untuk menggunakan pembersih alami nan ampuh, yakni cuka dan baking soda, untuk menyeimbangkan pH serat kasur.

Cuka bersifat asam, dan baking soda bersifat basa. Begini cara menggunakan cuka dan baking soda untuk menghilangkan bau pada kasur.

Pertama, isi botol semprot dengan cuka putih suling dan semprotkan ke seluruh kasur hingga permukaan kasur terasa lembab. Setelah selesai, balik kasur dan semprotkan sisi lainnya, biarkan kasur mengering dengan sendirinya.

Kemudian, taburkan baking soda di satu sisi kasur; biarkan semalaman, lalu sedot debu. Balik kasur dan ulangi di sisi lainnya.

Selanjutnya, tinggalkan kasur di luar ruangan di bawah sinar matahari sepanjang hari. Berdiri di satu sisi dan dukung sehingga udara dan sinar matahari bisa mencapai kedua sisi.


Di penghujung hari, kasur akan bebas bau dan siap diletakkan kembali di tempat tidur Anda.

Jika tidak memungkinkan menjemur kasur di bawah sinar matahari, semprotkan cuka di satu sisi, biarkan mengering, lalu oleskan baking soda. Balik kasur setelah menyedot baking soda, dan lakukan sisi lainnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/01/17/152300376/simak-cara-menghilangkan-bau-lembab-pada-kasur

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke