Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Kasur Bayi

Kompas.com - 29/11/2020, 12:06 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Bayi yang baru lahir menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur, oleh karena itu pemilihan kasur yang tepat menjadi poin penting dalam memberikan kenyamanan padanya.

Kasur terbaik untuk bayi baru lahir adalah kasur yang memiliki tesktur yang keras namun jika anak sudah menginjak usia satu tahun bisa dipilih kasur yang sedikit lembut namun tetap kokoh.

Selanjutnya adalah memilih ukuran yang pas dan cocok untuk diletakkan di dalam boks bayi.

Baca juga: Ide Dekorasi Kamar Bayi, Warna Dinding hingga Furnitur

Pada umumnya ukuran kasur disesuaikan dengan lebar boks bayi. Terbagi dalam empat ukuran yaitu 60 x 90cm, 70 x 120 cm, 70 x 100 cm, dan 60 x 120 cm.

Jenis kasur

Sama halnya dengan kasur orang dewasa, kasur bayi juga memiliki berbagai jenis sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

Kasur busa sering kali merupakan pilihan paling populer karena harganya lebih terjangkau serta ringan dan mudah dibersihkan. Kemudian inerspring diproduksi menggunakan per di dalamnya.

Sementara itu, ada kasur organik yang terbuat dari produk organik sepenuhnya, sehingga bayi tidak terpapar bahan kimia atau alergen yang berpotensi berbahaya.

Baca juga: Ide Dekorasi Kamar Anak Perempuan, dari Bayi hingga Remaja

Selain itu, pertimbangkan juga kekerasan atau kekencangan kasur. Hal ini untuk memastikan jika kasur yang digunakan menopang punggung bayi secara benar.

Dan ketebalan kasur harus sama atau sedikit lebih besar daripada lebar boks. Kasur yang baik adalah kasur yang dapat memberikan sirkulasi yang baik serta kenyamanan terhadap bayi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com