Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Aman dan Efektif Membersihkan Kipas Angin Gantung

Kompas.com - 30/01/2021, 16:02 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

 

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Mungkin tidak sedikit orang, termasuk kamu sedang mencari tahu cara mudah dan tidak membuat repot untuk urusan membersihkan kipas angin gantung atau kipas angin plafon yang menggantung tinggi.

Karena terasa sulit dan tidak terjangkau, banyak dari kita mungkin pada akhirnya menunda-nunda untuk membersihkan kipas angin plafon.

Padahal, jika kipas angin plafon dibiarkan terus-menerus menyala tanpa pernah dibersihkan, maka itu membuat setiap bilah kipas menumpuk lebih banyak debu yang menjadi sangat kotor.

Baca juga: 5 Fakta Mengenai Kipas Angin Gantung yang Perlu Diketahui

Mungkin satu-satunya solusi untuk membersihkannya adalah dengan membongkar kipas dan membersihkan masing-masing bilah kipas.

Namun, tidak perlu serepot itu, karena ada beberapa metode yang aman dan efektif untuk membersihkan kipas angin plafon dengan cara terbaik.

Dilansir dari beberapa sumber, Sabtu, (30/1/2021), berikut ini adalah cara aman dan efektif untuk membersihkan kipas angin plafon.

1. Gunakan kemoceng panjang

Berjalanlah di sekitar pasar atau toko perabotan, dan kamu akan melihat kemoceng dengan gagang atau pegangan panjang yang dijual.

Baca juga: Kipas Angin Gantung Berbunyi? Ini Sebab dan Cara Mengatasinya

Kemoceng ini dapat kamu gunakan untuk membersihkan kipas angin plafon di rumahmu, dan menjadi cara pembersihan paling mudah tanpa harus membuatmu menaiki tangga untuk menjangkau kipas angin.

Cobalah untuk memilih kemoceng yang memiliki kunci pegangan, sehingga kamu dapat memperpanjangnya sesuai dengan yang kamu butuhkan.

2. Menggunakan vacuum cleaner

Kemampuan untuk mencoba membersihkan kipas angin gantung tanpa menggunakan tangga adalah salah satu cara yang diinginkan banyak orang.

Meskipun metode penggunaan kemoceng yang disebutkan di atas adalah cara yang bagus, menggunakan penyedot debu atau vacuum cleaner untuk tujuan yang sama membuat segalanya lebih mudah dari sebelumnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com