Kompas.com - 30/01/2021, 13:36 WIB
Ilustrasi cat dinding. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIOIlustrasi cat dinding.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengecat ulang ruangan bisa menjadi solusi untuk membuat ruangan terlihat lebih cerah dan terang.

Namun, terkadang bau cat baru akan menganggu pernapasan dan menempel hingga waktu yang agak lama. Bahkan ketika cat sudah mengering, terkadang baunya pun masih bisa tercium.

Dilansir dari The Spruce, Sabtu (30/1/2021), ada beberapa cara mudah untuk menghilangkan bau cat tersebut.

Baca juga: Simak, Ini Warna Cat yang Membuat Dinding Tampak Kusam

1. Baking soda

Baking soda atau soda kue dapat menyerap bau di lemari es atau di cucian, jadi gunakan soda kue untuk menangkap bau cat. Caranya tuang soda kue ke dalam mangkuk dan letakkan di sekeliling ruangan.

Setelah selesai mengecat tuangkan soda kue ke tempat sampah untuk menyegarkan dengan cepat. Jika bau cat masih tertinggal, taburkan sedikit soda kue di atas karpet dan furnitur berlapis kain dan biarkan semalaman, kemudian sedot bekas soda kue menggunakan vacuum cleaner.

2. Bawang

Cukup iris setidaknya dua bawang bombay ukuran sedang dan letakkan di piring di sekitar ruangan. Saat pekerjaan selesai, jangan gunakan ini untuk memasak karena sudah menyerap bau catnya.

3. Arang

Arang adalah penyerap bau yang sangat baik. Anda dapat membelinya dalam kantong kecil atau dengan cara dihancurkan ditempatkan di mangkuk di sekitar ruangan. Gunakan sisanya untuk membuat sachet menempel di sepatu yang bau.

Baca juga: Trik Menghilangkan Noda Cat pada Keramik

4. Air lemon

Air lemon akan menyerap bau cat dengan sendirinya, dengan menambahkan beberapa irisan lemon segar akan mengeluarkan aroma jeruk bersih yang bahkan lebih menyegarkan.

Air lemon membutuhkan waktu lebih lama untuk menyerap bau, jadi tinggalkan mangkuk berisi air lemon di dalam ruangan semalaman.

5. Cuka

Mangkuk kecil sekitar satu cangkir sari apel atau cuka putih suling akan menyerap bau cat tanpa menambahkan toksisitas tambahan ke udara. Letakkan semangkuk campuran tersebut di setiap sudut ruangan.

6. Ampas kopi

Mangkuk bubuk kopi kering tidak hanya akan menyerap bau cat, tetapi juga membuat ruangan beraroma kopi yang menyegarkan. Pastikan untuk membuangnya ke tempat sampah setelah Anda selesai.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber The Spruce
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X