Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/01/2021, 09:28 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Oven menjadi peralatan memasak yang sering digunakan untuk membuat berbagai sajian makanan.

Namun, karena sering digunakan, terkadang menyebabkan kotoran yang banyak dan menempel di bagian dalam serta luar oven.

Dilansir dari Good Housekeeping, Kamis (21/1/2021), minyak dan potongan-potongan kecil makanan gosong di dalam oven dapat menyerap panas dan membuat oven kurang efesien dalam pemanasannya.

Baca juga: Simak, Cara Mudah Membersihkan Microwave Oven

Selain itu, menjaga bagian luar oven tetap bersih juga membantu untuk melihat proses pemanggangan. Lantas, bagaimana cara membersihkan oven? Berikut ulasannya.

Bagian dalam dan rak

Untuk membersihkan bagian dalam dan raknya, rendam rak oven selama satu jam di bak yang berisi air panas dan soda kue yang telah larut. Kemudian gosok sisa makanan dengan gulungan aumunium foil dan biarkan mengering.

Pintu

Kemudian, bagian yang harus dibersihkan lagi adalah pintu oven. Keluarkan semua makanan yang dimasak dengan spatula logam atau pengikis kompor keramik, lalu gunakan pembersih oven gel atau semprotan untuk membersihkan bagian pintunya.

Cara lainnya adalah dengan mengoleskan soda bikarbonat dan air bagian pintu oven. Biarkan selama 15 hingga 20 menit lalu bersihkan dengan kain mikrofiber basah.

Baca juga: 5 Pilihan Oven Listrik, Daya di Bawah 1.000 Watt

Menjaga kebersihan

Setelah dibersihkan, menjaga kebersihan oven agar tetap bersih merupakan solusi utama untuk menghindari noda yang sulit dibersihkan.

Gunakan kantong pemanggang untuk proses pemanggangan daging, ikan, atau bahkan sayuran untuk menghindari tumpahan atau cipratan.

Setelah Anda selesai menggunakan oven, masukkan semangkuk air tahan panas ke dalamnya dan panaskan dengan suhu tinggi selama 20 menit.

Ini akan membantu menghilangkan kotoran dan minyak. Kemudian, setelah cukup dingin, seka permukaan interior untuk menghilangkan kotoran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com