Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Tanaman Hias Secara Online

Kompas.com - 13/01/2021, 14:39 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam dan merawat tanaman hias menjadi sebuah hobi atau aktivitas yang semakin digemari banyak orang. Hal itu tentu membuat permintaan tanaman hias di pasaran menjadi semakin tinggi.

Apabila kamu tertarik membeli sebuah tanaman hias untuk dirawat di rumah, ada 2 cara yang bisa kamu lakukan, yakni membeli secara langsung dengan mendatangi tempat penjual dan secara online.

Jika membeli tanaman hias secara langsung tidak bisa dilakukan, mungkin karena takut ke luar rumah atau jarak toko tanaman hias tidak terjangkau, kamu bisa membelinya secara online di berbagai platform toko online dan sebagainya.

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Teras Rumah

Namun, apabila kamu membeli tanaman hias secara online, ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan, karena mulai ada oknum yang memanfaatkan situasi.

Dilansir dari beberapa sumber, Rabu, (13/1/2021), berikut ini beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat membeli tanaman hias secara online.

1. Hati-hati membaca ulasan

Ulasan yang ada di kolom toko online yang menjual tanaman bisa saja bukan asli alias telah diatur, sehingga bisa tidak sesuai ekspetasimu.

Kamu harus mencari sumber yang benar-benar terpecaya mengenai toko online yang menjual tanaman yang kamu inginkan.

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Balkon Apartemen

Kalau perlu, perhatikan akun media sosial penjual tanaman online tersebut, seharusnya mereka memilikinya. Pantau aktivitas media sosialnya, apakah cukup altif atau tidak, dan baca komentar-komentar dari akun asli seseorang.

2. Jangan terlalu berharap pada gambar yang ada

Gambar atau foto tanaman yang kamu lihat di toko online adalah representasi dari seperti apa tanaman hias yang akan kamu miliki nantinya, tetapi tanaman hias yang kamu beli tidak akan terlihat seperti itu ketika tiba.

Saat membeli tanaman secara online, kamu mungkin menerima tanaman dalam pot, tanaman berakar telanjang, atau bahkan stek muda. Dengan membaca kebijakan penjual, kamu akan tahu apa yang diharapkan saat paket tanamanmu tiba.

3. Pertimbangkan bagaimana tampilan tanaman hias di taman atau dalam rumahmu

Saat kamu menelusuri deskripsi online tanaman, catat tinggi tanaman dewasa dan penyebarannya. Ini akan memberimu ide bagus tentang di mana letak terbaik tanaman yang akan kamu beli.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com