Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/01/2021, 12:30 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadikan tanaman hias sebagai elemen dekorasi di dalam rumah, merupakan opsi yang paling populer saat ini.

Namun, yang harus diperhatikan adalah tidak semua tanaman dapat diletakkan di dalam rumah, misalnya tanaman yang memiliki daun yang tinggi atau harus terkena sinar matahari tidak cocok diletakkan di dalam rumah.

Dilansir dari Lifestyle Asia, Jumat (8/1/2021), tanaman dracaena, kaktus, sukulen, lidah mertua, anggrek, pohon ara dapat menjadi tanaman yang bisa diletakkan di dalam ruangan.

Baca juga: 6 Tanaman Hias Ini Aman untuk Hewan Peliharaan

Tak hanya itu, tanaman hias di dalam ruangan yang tidak dirawat secara maksimal akan mati dengan cepat.

Oleh karena itu, menjadikan tanaman hias sebagai elemen dekorasi dalam rumah tak hanya persoalan estetika saja, namun bagaimana caranya menampilkan tanaman hias yang sehat dan segar di dalam rumah.

1. Temukan keseimbangan

Biarkan bentuk ruangan yang menentukan bentuk tanaman hias, misalnya untuk tampilan yang kohesif ruangan dengan furnitur berbentuk persegi panjang cocok diletakkan tanaman anggrek.

Tampilan ruangan yang ramping dapat memberikan fokus pada tanaman yang diletakkan di dalamnya. Letakkan tanaman hias pada satu kelompok atau menyebar di ruangan.

Baca juga: 8 Tanaman Hias Ini Mampu Hidup di Ruangan Hampir Gelap

2. Tanaman besar

Alih-alih mencari furnitur besar untuk mengisi ruang, cobalah meletakkan tanaman dalam pot besar seperti dracaena atau pohon ara di dalam ruangan.

Kedua tanaman ini bisa menjadi bagian dari ruangan tersebut. Letakkan tanaman ini di sudut atau samping sofa, di ujung koridor atau di foyer.

3. Terrarium

Selain tanaman besar, terrarium dalam pot kaca bisa menjadi pilihan untuk menghias ruangan di dalam rumah. Tanaman cantik ini bisa diletakkan di beberapa sudut rumah misalnya di meja ruang tamu ataupun digantung.

4. Seni dinding vertikal

Taman vertikal "dinding hijau" dapat menyesuaikan dengan bagian rumah lainnya sebagai karya seni hidup. Selain meningkatkan kualitas udara, tanaman ini adalah ansambel cantik yang tidak memberikan kesan penug pada ruang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com