Ikan Cupang Bisa Merasa Bosan? Kenali Tanda-Tandanya

Kompas.com - 13/01/2021, 12:43 WIB
Foto dirilis Kamis (1/10/2020), memperlihatkan seekor ikan cupang jenis halfmoon berenang di aquarium milik peternak Tiano Morello di Bogor, Jawa Barat. Di tengah lesunya sejumlah penjualan selama pandemi Covid-19, ikan cupang (Betta sp.) justru muncul menjadi primadona seiring banyaknya peminat dan penjualan yang melonjak pesat. ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRAFoto dirilis Kamis (1/10/2020), memperlihatkan seekor ikan cupang jenis halfmoon berenang di aquarium milik peternak Tiano Morello di Bogor, Jawa Barat. Di tengah lesunya sejumlah penjualan selama pandemi Covid-19, ikan cupang (Betta sp.) justru muncul menjadi primadona seiring banyaknya peminat dan penjualan yang melonjak pesat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Apakah ikan cupang bisa merasa bosan? Mungkin itu salah satu pertanyaan yang ada di benakmu mengenai ikan cupang yang kamu pelihara di rumah.

Terkait apakah ikan cupang merasa bosan atau tidak, sulit untuk mengetahuinya karena mereka sangat berbeda dari kita yang merupakan manusia.

Namun pada artikel kali ini akan dibahas persoalan tersebut yang dikutip dari berbagai sumber, Rabu, (13/01/2021). Teruslah membaca untuk mengetahui apakah ikan cupang bisa merasa bosan atau tidak.

Baca juga: 5 Mitos Seputar Ikan Cupang, Apa Saja?

Apakah ikan cupang bosan?

Jika kamu memasukkan ikan cupang ke dalam akuarium yang tidak cukup merangsang, terlebih ukurannya sempit, mereka pasti akan merasa bosan.

Meskipun ini mungkin merupakan jenis kebosanan yang berbeda dengan apa yang manusia alami, namun tetap saja itu sebuah kebosanan.

Pada dasarnya ikan cupang adalah makhluk soliter. Mereka tidak membutuhkan banyak aktivitas "menyenangkan" untuk merangsang mereka, tetapi mereka pasti dapat atau terkadang menunjukkan gejala kebosanan yang sebenarnya.

Pikirkan tentang apa yang akan dilakukan ikan cupang di lingkungan alaminya. Mereka akan berpatroli di suatu daerah, selalu mencari pesaing, makanan, dan betina atau pasangan.

Baca juga: 9 Hal yang Bisa Jadi Penyebab Ikan Cupang Tidak Mau Makan

Meskipun perjuangan terus-menerus untuk bertahan hidup di lingkungan alaminya terkadang bisa membuat stres, satu hal yang pasti, itu tidak membosankan.

Karena itu, kamu harus melakukan semua yang kamu bisa untuk memastikan mereka cukup terhibur.

Jika kamu memiliki cupang di dalam akuarium kecil tanpa hiasan dan memberinya makanan yang sama setiap hari tanpa ada perubahan lingkungan, maka dia akan cepat bosan.

Dan kebosanan ini seringkali dapat menyebabkan ikan cupang menjadi depresi dan stres.

Bagaimana mengenali ikan cupang yang merasa bosan?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X