Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ikan Cupang Bisa Merasa Bosan? Kenali Tanda-Tandanya

JAKARTA, KOMPAS.com - Apakah ikan cupang bisa merasa bosan? Mungkin itu salah satu pertanyaan yang ada di benakmu mengenai ikan cupang yang kamu pelihara di rumah.

Terkait apakah ikan cupang merasa bosan atau tidak, sulit untuk mengetahuinya karena mereka sangat berbeda dari kita yang merupakan manusia.

Namun pada artikel kali ini akan dibahas persoalan tersebut yang dikutip dari berbagai sumber, Rabu, (13/01/2021). Teruslah membaca untuk mengetahui apakah ikan cupang bisa merasa bosan atau tidak.

Apakah ikan cupang bosan?

Jika kamu memasukkan ikan cupang ke dalam akuarium yang tidak cukup merangsang, terlebih ukurannya sempit, mereka pasti akan merasa bosan.

Meskipun ini mungkin merupakan jenis kebosanan yang berbeda dengan apa yang manusia alami, namun tetap saja itu sebuah kebosanan.

Pada dasarnya ikan cupang adalah makhluk soliter. Mereka tidak membutuhkan banyak aktivitas "menyenangkan" untuk merangsang mereka, tetapi mereka pasti dapat atau terkadang menunjukkan gejala kebosanan yang sebenarnya.

Pikirkan tentang apa yang akan dilakukan ikan cupang di lingkungan alaminya. Mereka akan berpatroli di suatu daerah, selalu mencari pesaing, makanan, dan betina atau pasangan.

Meskipun perjuangan terus-menerus untuk bertahan hidup di lingkungan alaminya terkadang bisa membuat stres, satu hal yang pasti, itu tidak membosankan.

Karena itu, kamu harus melakukan semua yang kamu bisa untuk memastikan mereka cukup terhibur.

Jika kamu memiliki cupang di dalam akuarium kecil tanpa hiasan dan memberinya makanan yang sama setiap hari tanpa ada perubahan lingkungan, maka dia akan cepat bosan.

Dan kebosanan ini seringkali dapat menyebabkan ikan cupang menjadi depresi dan stres.

Bagaimana mengenali ikan cupang yang merasa bosan?


 

Jika ikan cupang milikmu bosan, biasanya sulit untuk membedakannya. Hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah menyadari perilakunya yang normal dan ketika ia mulai bertingkah di luar kebiasaan, kamu dapat mengetahui alasannya.

Namun jika kamu masih belum yakin, berikut beberapa tanda umum bahwa ikan cupang peliharaanmu merasa bosan.

Menggigit ekor

Melihat ikan cupang menggigit ekor seringkali merupakan hal yang membuat stres, dan jika kamu menyadarinya, kamu harus bertindak cepat untuk mengatasinya.

Jika cupangmu mulai menggigit ekor, itu bisa menjadi tanda bahwa ia bosan dan frustrasi. Karena dia tidak punya pekerjaan lain, dia mulai melampiaskan rasa frustrasi yang terpendam pada dirinya sendiri.

Tidak jarang, seekor ikan cupang mampu merobek setengah ekornya sendiri dalam beberapa jam.


Namun, ikan cupang yang menggigit ekornya sendiri bisa saja menjadi gejala yang lebih dari sekadar kebosanan.

Jadi, kamu tidak boleh langsung menganggap kebosanan menyebabkan ikan cupang menggigit ekornya, karena bisa jadi itu faktor stres, memendam agresi, faktor keturunan dan sebagainya.

Kelesuan

Apakah ikan cupang milikmu terlihat tidak mau repot melakukan apa pun? Meski kelesuan adalah gejala dari banyak penyakit, kelesuan juga bisa menjadi gejala kebosanan.

Ketika cupangmu bosan terlalu lama, mereka hampir menyerah. Mereka tidak bisa repot untuk bergerak di sekitar tangki mereka, atau aktif bergerak untuk mencari pesaing. Mereka hanya terdiam.

Ikan cupang sering terlihat tidur dengan berbagai cara. Jika kamu melihat kelesuan, sebaiknya pelajari alasan lain karena terlalu banyak tidur bisa menjadi masalah pada ikan cupang.

Makan yang lambat

Tanda lain dari ikan cupang yang bosan adalah mereka lambat untuk makan. Hal itu dikarenakan mereka sudah terbiasa dengan makanan yang sama, atau mereka tahu tidak ada yang akan memperebutkan makanan itu, sehingga tidak akan terburu-buru mengambil makanannya.

Mereka mungkin hanya berenang perlahan bolak-balik, atau mengabaikan makanannya untuk sementara waktu atau tidak sama sekali.

Jika kamu melihat ikan cupang melakukan hal ini, ia mungkin mengalami kebosanan. Namun, sekali lagi perlu diingat, berbagai penyakit dan masalah dapat menyebabkan hal ini.

Tanda lainnya

Ada begitu banyak tanda individu untuk setiap cupang yang harus kamu perhatikan. Itulah mengapa sangat penting untuk menyadari perilaku ikan cupang milikmu sendiri dan saat tingkah mereka berbeda.

Penting untuk tidak membiarkan ikan cupang bosan


 

Mudah-mudahan, fakta bahwa cupang bosan akan memacumu untuk mengubah keadaan untuknya. Tetapi jika tidak, itu sangat berbahaya untuk keberlangsungan hidup ikan cupang yang kamu miliki, seperti di bawah ini.

Ini kejam

Jelas, dikurung dan bosan sangatlah kejam bagi hewan mana pun. Hanya karena cupang tidak dapat berbicara atau berkomunikasi sehingga mereka bosan, bukan berarti itu tidak kejam.

Jika itu adalah seekor anjing atau kucing dalam situasi yang sama, apakah kamu akan tetap membiarkan mereka bosan?

Meskipun ikan cupang mungkin tidak memiliki tingkat kesadaran yang sama, cupang masih ada, dan harus diperlakukan sesuai.

Sistem kekebalannya akan menjadi lemah

Jika ikan cupang milikmu bosan sepanjang waktu, kebosanan itu bisa dengan cepat berubah menjadi frustrasi. Jika mereka melampiaskan rasa frustrasi pada dirinya sendiri atau jika itu mulai membuatnya stres, maka itu bisa melemahkan sistem kekebalannya.

Dan begitu sistem kekebalannya lemah maka dia lebih mudah terserang penyakit dan penyakit.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/01/13/124300576/ikan-cupang-bisa-merasa-bosan-kenali-tanda-tandanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke