Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Kerak Putih pada Bagian Dalam Ketel

Kompas.com - 09/01/2021, 09:38 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Coba perhatikan ketel atau ceret yang ada di dapur Anda, apakah ada kerak putih di bagian dalamnya? Bagian dalam ketel memang seringkali luput untuk dibersihkan.

Jika didiamkan alias tidak dibersihkan dalam jangka waktu lama, kerak putih pada bagian dalam ketel akan semakin sulit dihilangkan. Namun demikian, jangan khawatir, kerak putih di bagian dalam ketel mudah dibersihkan.

Dilansir dari Good Housekeeping UK, Sabtu (9/1/2021), elemen dalam ketel selalu terbuka dan bersentuhan dengan air, jadi penumpukan kerak putih adalah salah satu penyebab terbesar kerusakan ketel.

Baca juga: 5 Manfaat Saus Tomat, Bersihkan Panci hingga Gagang Pintu

Ketel berbahan stainless steel atau logam bisa dilapisi kerak putih pada bagian dalam dan dasarnya. Jika tidak dibersihkan, maka kerak putih akan meninggalkan semacam kapur pada air.

Sementara itu, ketel plastik yang biasa digunakan pada produk pemanas air listrik terbuat dari bahan polypropylene, yang tidak menimbulkan kerak. Namun, bagian dasar ketel yang terbuat dari logam akan terkena kerak putih.

Untuk cara yang tidak merepotkan dan murah untuk membersihkan kerak putih pada ketel, isi ketel atau ceret dengan campuran setengah cuka putih dan setengah air, dan biarkan terendam semalaman.

Di pagi hari, kerak putih akan lepas dengan mudah. Bilas hingga bersih untuk menghilangkan bau cuka yang tertinggal, dan rebus air bersih setelah pembersihan.

Baca juga: 4 Cara Mudah Bikin Wajan Berkilau Lagi

Perlu diingat, Anda harus membersihkan kerak setiap empat hingga delapan minggu untuk menjaga ketel Anda tetap bersih. Jangan biarkan kerak menumpuk, karena akan lebih sulit untuk melepaskannya semakin lama ada.

Penumpukan kerak putih yang sudah membandel mungkin memerlukan perawatan berulang untuk menghilangkan kerak seluruhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com