Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/12/2020, 14:54 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2020 sebentar lagi akan berakhir, di sepanjang tahun ini tanaman menjadi daya tarik untuk menyalurkan hobi hingga mendekorasi ruangan di dalam maupun luar rumah.

Dilansir dari Country Living, Senin (28/12/2020), penelitian yang dilakukan oleh tim Love The Garden menganalis 100 tagar paling populer di Instagram untuk mengungkapkan tren berkebun di 2021 mendatang.

Terlihat 10 tren berkebun teratas yang akan mendominasi tahun 2021.

Baca juga: 4 Tren Berkebun di Tahun 2021, Apa Saja?

1. Berkebun di balkon

Dengan lebih banyak penduduk kota yang mencari cara cerdas untuk merangkul alam, berkebun di balkon akan meningkat pada tahun 2021.

Untuk memanfaatkan ruang fungsional ini dapat memilih memanfaatkan kayu di balkon dengan mengaplikasikan desain minimalis atau menampilkan oasis satwa liar.

Tanaman yang Anda butuhkan akan bergantung pada tampilan yang dipilih, seperti dengan memilih jenis melati, lavender, foxglove, bambu, eucalyptus, snake plants, dan lili.

2. Mengoleksi tanaman hias liar

Tahun ini didominasi dengan perawatan tanaman seperti pemangkasan, dan pemotongan. Namun tren tahun mendatang adalah mengoleksi tanaman liar.

 

Baca juga: 7 Tanaman Hias Indoor Ini Mampu Mempercantik Rumah

Bunga liar atau meninggalkan sepetak halaman rumput tanpa perwatan dapat menciptakan dunia bagi lebah kupu-kupu untuk berkembang.

Beberapa tanaman yang bisa Anda coba termasuk varietas tanaman berbunga tunggal dan bunga terbuka.

3. Taman di dalam dan luar rumah

Meletakkan tanaman hias di sekitar ruang tamu maupun luar ruangan benar-benar meningkat dalam beberapa bulan terakhir, jadi tidak mengherankan jika ini adalah salah satu tren utama untuk tahun 2021.

Tren taman dalam dan luar ruangan adalah tentang menciptakan aliran dari ruang dalam ke ruang luar, jadi yang satu secara alami mengalir ke yang lain. Baik desain interior maupun eksterior Anda harus memberikan kesan harmonis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com