Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/12/2020, 17:18 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias menjadi salah satu tren yang tidak bisa dilepaskan dari tahun 2020. Pandemi virus corona memaksa masyarakat melakukan aktivitas di rumah, yang mendorong tren merawat tanaman hias.

Tren tanaman hias pun diprediksi masih akan terus berlanjut pada tahun 2021 mendatang. Beberapa tanaman hias juga diperkirakan masih akan menikmati popularitas pada tahun depan.

Dilansir dari House Beautiful, Minggu (27/12/2020), perusahaan penjualan bunga dan tanaman hias Flower Card melakukan riset terhadap tanaman hias yang populer pada tahun 2020 ini dan tahun 2021 mendatang.

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Bakal Populer pada Tahun 2021

Dengan menggunakan data Google, tim di Flower Card menganalisa tanaman hias yang popularitasnya meroket pada tahun 2020 dan tanaman hias yang akan menjadi tren pada tahun 2021.

"Dengan semakin banyak di antara kita yang memilih untuk mendekorasi dengan tanaman, kami ingin mencari tahu tanaman hias mana yang mulai mengisi rumah-rumah, sehingga kami mencari data pencarian di Google selama sepuluh tahun terakhir untuk mencari tahu tanaman hias yang paling disukai selama tahun 2020 dan yang kemungkinan akan digemari," ujar tim di Flower Card.

Dalam riset tersebut, Flower Card menemukan salah satu tanaman hias yang masih akan populer pada tahun 2021 adalah snake plant alias sansevieria atau lidah mertua.

Tanaman lidah mertua sendiri sudah sejak lama lazim dijadikan tanaman hias, yang dapat ditanam langsung di tanah atau ditempatkan di dalam pot. Tanaman ini memiliki ciri khas daun yang panjang dan runcing seperti pedang.

Baca juga: 12 Manfaat Tanaman Lidah Mertua, Bersihkan Udara hingga Cegah Kanker

Ciri khas lainnya adalah tanaman lidah mertua memiliki warna daun hijau dengan garis tepi berwarna kuning atau abu-abu keperakan.

Adapun dilansir dari Real Simple, tanaman lidah mertua dianggap tanaman terbaik bagi pemula dalam hal merawat tanaman hias. Perusahaan penjualan tanaman hias The Sill menyatakan dalan surveinya, banyak responden yang mengaku baru merawat tanaman hias pada tahun ini.

Bahkan, minat dan koleksi tanaman hias para responden meningkat signifikan sepanjang tahun ini.

"Karena banyaknya orang yang masih baru dalam hal memiliki dan merawat tanaman hias, saya sangat berpandangan bahwa tahun 2021 adalah tahun di mana tren mencoba merawat dan memiliki tanaman hias favorit, termasuk lidah mertua, sirih gading, dan ZZ plant," jelas Erin Marino, direktur pemasaran The Sill.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com