Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Tren Merawat Tanaman di Tahun 2021, Apa Saja?

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2020 sebentar lagi akan berakhir, di sepanjang tahun ini tanaman menjadi daya tarik untuk menyalurkan hobi hingga mendekorasi ruangan di dalam maupun luar rumah.

Dilansir dari Country Living, Senin (28/12/2020), penelitian yang dilakukan oleh tim Love The Garden menganalis 100 tagar paling populer di Instagram untuk mengungkapkan tren berkebun di 2021 mendatang.

Terlihat 10 tren berkebun teratas yang akan mendominasi tahun 2021.

1. Berkebun di balkon

Dengan lebih banyak penduduk kota yang mencari cara cerdas untuk merangkul alam, berkebun di balkon akan meningkat pada tahun 2021.

Untuk memanfaatkan ruang fungsional ini dapat memilih memanfaatkan kayu di balkon dengan mengaplikasikan desain minimalis atau menampilkan oasis satwa liar.

Tanaman yang Anda butuhkan akan bergantung pada tampilan yang dipilih, seperti dengan memilih jenis melati, lavender, foxglove, bambu, eucalyptus, snake plants, dan lili.

2. Mengoleksi tanaman hias liar

Tahun ini didominasi dengan perawatan tanaman seperti pemangkasan, dan pemotongan. Namun tren tahun mendatang adalah mengoleksi tanaman liar.

Bunga liar atau meninggalkan sepetak halaman rumput tanpa perwatan dapat menciptakan dunia bagi lebah kupu-kupu untuk berkembang.

Beberapa tanaman yang bisa Anda coba termasuk varietas tanaman berbunga tunggal dan bunga terbuka.

3. Taman di dalam dan luar rumah

Meletakkan tanaman hias di sekitar ruang tamu maupun luar ruangan benar-benar meningkat dalam beberapa bulan terakhir, jadi tidak mengherankan jika ini adalah salah satu tren utama untuk tahun 2021.

Tren taman dalam dan luar ruangan adalah tentang menciptakan aliran dari ruang dalam ke ruang luar, jadi yang satu secara alami mengalir ke yang lain. Baik desain interior maupun eksterior Anda harus memberikan kesan harmonis.

4. Kebun mungil

Banyak yang tidak memiliki area luas untuk merawat tanaman, sehingga di tahun 2021 mendatang akan terlihat banyak orang yang memanfaatkan apa yang mereka miliki. Opsi untuk menanam di tempat kecil adalah dengan memanfaatkan ruang vertikal.

Beberapa tanaman yang perlu bisa ditanam di ruangan kecil termasuk tanaman keras berbunga panjang, evergreen, dan pemanjat.

5. Penggunaan pot vertikal

Menggunakan pot atau sebuah wadah yang ditinggikan untuk meletakkan tanaman adalah pertimbangan yang bagus ketika tidak memiliki lahan yang cukup luas.

Selain itu, Anda bisa mengontrol tanah dengan baik, mengurangi pemadatan tanah, dan merawat tanaman dengan lebih mudah.

Tren kelima di 2021 ini akan membuat orang banyak memilih menanam di luar ruangan dengan pengaplikasian tersebut.


6. Berkebun permakultur

Berkebun permakultur memiliki arti pertanian permanen yakni bertanam dengan cara seperti ini dapat memadukan sayuran seperti kacang-kacangan, tomat, paprika, labu dan tana,man hias dalam satu tempat. Dengan cara ini, merawat tanaman hias dan sayur dapat dilakukan di lahan yang sempit.

7. Bunga-bunga putih

Bunga-bunga putih yang memesona dan furnitur putih cerah semakin populer selama beberapa bulan terakhir.

Langkah-langkah dan kunci untuk membuat taman putih, seperti memilih latar belakang gelap, membuat variasi dedaunan dan menambahkan beberapa bunga putih yang menarik untuk mengisi ruang.

8. Meletakkan tanaman di ambang jendela 

Meletakkan tanaman hias di jendela sangat ideal, apalagi menanam tanaman herbal seperti cabai, bit, bawang, dan bayam.

Tanaman ini bisa diletakkan di dapur, jika ingin meletakkan di ruang tamu pilih bunga-bunga kecil atau bisa menggunakan kaktus atau sukulen.

9. Grey garden

Rona yang menenangkan ini tidak hanya salah satu warna cat paling populer untuk rumah, tetapi juga telah masuk ke taman. Baik Anda memilih paving teras abu-abu, cat pagar, kerikil, atau jalur taman, ada banyak cara untuk memanfaatkan salah satu tren terbesar 2021.

10. Cottage garden

Tren terakhir untuk tahun 2021 adalah taman pondok yang menawan. Jika Anda ingin mendapatkan gaya ini di rumah, pertimbangkan untuk menanam mawar, foxglove, poppies, sweet pea, dan delphinium.

https://www.kompas.com/homey/read/2020/12/28/145400976/10-tren-merawat-tanaman-di-tahun-2021-apa-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke