Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Sepelekan 7 Masalah pada Kloset Ini, Apa Saja?

Kompas.com - 18/12/2020, 09:17 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kloset di kamar mandi harus dijaga kebersihan dan kondisinya agar tetap nyaman saat digunakan. Ini termasuk mengetahui permasalahan dan kerusakan pada toilet.

Sebab, jika dibiarkan, maka Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk memperbaiki, bahkan tidak menutup kemungkinan harus mengganti kloset dengan yang baru.

Meskipun beberapa permasalahan pada kloset adalah masalah kecil, namun bisa saja masalah ini menjadi besar yang bisa mengganggu sistem pembuangan di rumah.

Baca juga: Tips Bersihkan Kloset dengan Bahan-bahan di Rumah, Cuka hingga Boraks

Dilansir dari Reader's Digest, Jumat (18/12/2020), berikut beberapa permasalahan pada kloset yang tidak boleh disepelekan.

1. Kloset bocor

Salah satu permasalahan umum pada kloset adalah adanya kebocoran. Misalnya, Anda terus-menerus mendengar suara air gemerucuk pada kloset atau seperti flush terus-menerus.

Salah satu penyebab kloset bocor adalah penutup yang tidak menutup dengan benar. Jika air dari tangki merembes ke sekitar katup dan masuk ke dalam mangkuk kloset, maka katup mungkin terganggu.

Siram toilet dan cari kebocoran katup pengisi. Angkat penutup tangki kloset saat tangki terisi untuk melihat apakah air berhenti.

Baca juga: 5 Cara Mudah Atasi Kloset Mampet, Pakai Baking Soda hingga Gantungan

Pastikan tangki berhenti mengisi saat ketinggian air setengah hingga 1 inci di bawah bagian atas pipa. Jika katup pengisi masih bocor, gantilah.

2. Kloset bergoyang

Jika kloset Anda bergoyang-goyang dan tidak berdiri dengan solid, jangan sepelekan masalah ini. Gerakan apa pun dari kloset akan merusak segel lilin.

Ini akan menyebabkan kebocoran dan akhirnya membutuhkan perbaikan besar. Untuk menstabilkan kloset yang bergoyang, potong ganjal plastik agar pas dan selipkan di bawahnya.

Anda mungkin harus melepas dempul sebelum menambahkan ganjalan. Kemudian, dempul di sekitar kloset dan pasangkan mur pada bautnya. Namun, jangan mengencangkan kloset terlalu kuat, sebab bisa memecahkan toilet.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com