Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/11/2020, 11:29 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain menjadi elemen dekoratif, tirai atau gorden kamar mandi juga menjadi partisi yang membatasi antara toilet dan area shower atau mandi.

Dengan menggunakan tirai kamar mandi ini, area toilet terhindar dari ciptratan air dari shower dan lantai di sekitarnya tetap kering.

Dilansir dari Designer Living, Senin (23/11/2020), ada banyak jenis tirai kamar mandi yang ditawarkan. Namun, bagaimana cara memilih tirai kamar mandi agar sesuai dengan kondisi di kamar mandi? Simak ulasannya di sini.

Baca juga: Ide Dekorasi Kamar Mandi Sempit agar Rapi dan Nyaman

Saat memilih tirai kamar mandi, yang harus diprioritaskan adalah ukuran, gaya, dan jenis kainnya. Biasanya tirai kamar mandi terbuat dari poliester, serat mikro, atau campuran vinyl.

Pemilihan jenis kain ini sangat memengaruhi desain kamar mandi Anda. Beberapa kain untuk tirai kamar mandi ini adalah vinyl dan plastik.

Selain harga yang terjangkau, perawatan yang mudah menjadi bahan ini menjadi favorit. Selain itu, motif yang ditawarkan pun beragam.

Bahan vinyl mampu membuat air dari shower tidak merembes ke area lainnya. Selain itu, bahan vinyl tidak mudah ditumbuhi oleh jamu dan lumut.

Baca juga: Perhatikan Kebersihan Kamar Mandi dengan Cara Ini

Ukuran Standar

Ukuran standar tirai kamar mandi adalah 72 x 72 inci, panjang tirai ini memanjang hingga ke bagian bawah.

Untuk memasang tirai kamar mandi standar ini, Anda membutuhkan ruang sekitar 3 inci tambahan panjangnya untuk memperhitungkan tinggi batang tirai kamar mandi.

Sementara itu, lebar tirai kamar mandi harus mencapai 12 inci di luar lebarnya, ini untuk memastikan bahwa air tidak merembes dari tepi tirainya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com