Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Pasang Cermin di Kamar Mandi? Simak, Ini Panduannya

Kompas.com - 16/11/2020, 08:58 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Houzz.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Cermin bukan hanya sarana untuk mengecek penampilan, namun juga merupakan komponen penting bagi banyak ruangan di rumah.

Salah satunya adalah kamar mandi. Memasang cermin di kamar mandi dapat memberikan aksen, menambah dekorasi, hingga membuat kamar mandi tampak lebih luas.

Ada banyak pilihan cermin yang dapat dipilih untuk kamar mandi, mulai dari ukuran, gaya, hingga bentuk yang beragam.

Baca juga: Ide Dekorasi Kamar Mandi Sempit agar Rapi dan Nyaman

Dilansir dari Houzz, Senin (16/11/2020), berikut beberapa tips dalam memilih cermin untuk kamar mandi.

1. Memilih ukuran yang tepat

Saat memilih ukuran cermin, kamu harus mempertimbangkan tidak hanya fungsi, tetapi juga proporsinya. Untuk menciptakan tampilan yang seimbang, pikirkan tentang ukuran cermin terhadap meja atau wastafel di kamar mandi.

Jika lebarnya tidak sama, kamu bisa memilih cermin berukuran sekitar 70 hingga 80 persen dibanding meja rias, sehingga cermin tampak sedikit lebih kecil, tetapi tidak menyusut.

Soal tinggi, cermin fungsional hanya perlu menjangkau sekitar 30 cm di atas dan di bawah garis mata orang yang akan menggunakannya.

Baca juga: 10 Tanaman Hias yang Cocok Jadi Hiasan di Kamar Mandi

Namun, semakin tinggi cermin akan semakin baik, karena akan memberikan lebih banyak sudut pandang dan tampilan yang lebih terbuka ke ruang.

2. Cermin tunggal atau ganda?

Jika kamu memiliki meja rias atau wastafel yang lebar di kamar mandi, kamu memiliki opsi untuk menggunakan beberapa cermin atau satu cermin yang cukup lebar.

Menggunakan beberapa cermin tinggi dan tipis dapat memberi ruangan tampilan yang lebih vertikal, menekankan ketinggian ruangan. Ini sangat efektif jika langit-langit ruangan cukup tinggi.

Tentu saja, menggunakan satu cermin besar akan membuka ruangan dengan lebih banyak memantulkan dinding yang berlawanan. Akhirnya, pilihan tergantung pada preferensi pribadi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com