Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/11/2020, 19:27 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Decoholic

JAKARTA, KOMPAS.com - Sah-sah saja apabila kamu ingin renovasi kamar mandi di rumah untuk menciptakan suasana yang baru dan juga nyaman.

Jika kamu menginginkan kamar mandi baru yang bergaya tetapi ingin menghemat biaya perombakan kamar mandi, maka baca terus untuk mengetahuinya.

Dilansir dai Decoholic, Jumat (6/11/2020), kamu bisa merenovasi kamar mandi tanpa perlu menghabiskan banyak uang. Berikut ulasannya. 

Baca juga: Ide Dekorasi Kamar Mandi Sempit agar Rapi dan Nyaman

1. Siapkan rencana

Buatlah rencana bahkan sebelum kamu memulai renovasi apa pun di kamar mandi. Memerhatikan perencanaan renovasi secara detail akan membantumu meninimalisir kesalahan.

Hal ini pada akhirnya akan menyelamatkanmu dari keharusan memperbaiki kesalahan yang ujung-ujungnya malah tetap merugikanmu.

2. Tak perlu bongkar pipa

Menata ulang pipa dan saluran air akan membutuhkan lebih banyak pekerjaan. Itu artinya waktu konstruksi akan lebih lama dan biaya renovasi juga lebih tinggi.

Jika tujuanmu hanya merenovasi bagian kamar mandi yang tampak di mata, maka tak perlu sampai mengganti bagian yang terpendam seperti pipa dan saluran air apabila tidak ada kerusakan sama sekali.

Baca juga: Perhatikan Kebersihan Kamar Mandi dengan Cara Ini

3. Perbarui, jangan ganti

Pertimbangkan untuk memperbarui sebagian besar barang yang sudah ada di kamar mandi daripada menggantinya. Perhatikan lebih dekat beberapa barang di kamar mandi yang ingin kamu ganti.

Setelah itu, mungkin kamu akan menyadari bahwa barang yang ingin kamu buang dari kamar mandi masih bisa diperbarui.

4. Ciptakan suasana lega tanpa biaya besar

Kamu dapat membuat kamar mandimu terlihat jauh lebih besar tanpa merobohkan dinding. Ada berbagai trik estetika murah yang bisa kamu gunakan untuk mencapainya seperti memilih ubin dengan ukuran yang tepat untuk lantai dan dinding kamar mandimu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com