Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

143 Orang Tewas akibat Banjir di Brasil, 125 Lainnya Masih Hilang

Kompas.com - 12/05/2024, 22:11 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Reuters

BRASILIA, KOMPAS.com - Hujan lebat di negara bagian Rio Grande do Sul, Brasil mengakibatkan banjir hingga menewaskan sebanyak 143 orang.

Demikian diungkapkan Badan Pemerintah Pertahanan Sipil Brasil pada Minggu (12/5/2024). Sedangkan yang belum ditemukan ada sekitar 125 orang.

Pada Sabtu malam pemerintah mengumumkan pengeluaran darurat sekitar $2,34 miliar (Rp 37,5 triliun).

Baca juga: Serangan Ukraina di Belgorod Rusia, 9 Orang Terluka

Tentu untuk menangani krisis pada lebih dari 537.000 orang di negara bagian tersebut, dari total populasi sekitar 10,9 juta jiwa.

Dikutip dari Reuters, dengan uang baru ini, lebih dari ratusan triliun rupiah dana federal telah tersedia untuk negara bagian, kata pemerintah federal dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu.

Dijelaskan bahwa hujan diperkirakan bakal terjadi pada hari Minggu. Air hujan nantinya akan mengisi sungai-sungai yang sudah penuh atau meluap.

Negara bagian ini berada pada titik pertemuan geografis antara atmosfer tropis dan kutub, yang telah menciptakan pola cuaca dengan periode hujan lebat atau kekeringan.

Baca juga: Inggris Selidiki Klaim Hamas Terkait Seorang Sandera Terbunuh di Gaza

Ilmuwan lokal yakin pola ini semakin intensif akibat perubahan iklim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com