Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Datangi Arab Saudi, Menlu AS Bujuk Normalisasi Hubungan dengan Israel

Kompas.com - 29/04/2024, 20:59 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

RIYADH, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengunjungi Arab Saudi pada Senin (29/4/2024) ini.

Dalam sebuah pertemuan Forum Ekonomi Dunia diSekretariat Dewan Kerja Sama Teluk (GCC), Riyadh, ia mengatakan, AS hampir siap dengan paket keamanan yang akan ditawarkan kepada Arab Saudi jika mereka menormalisasi hubungan dengan Israel.

“Pekerjaan yang telah dilakukan oleh Arab Saudi dan Amerika Serikat bersama-sama dalam hal perjanjian kami sendiri, saya pikir, berpotensi sangat dekat dengan penyelesaian,” katanya.

Baca juga: Implikasi bagi Indonesia bila Normalisasi Hubungan dengan Israel Terjadi

“Namun, untuk melangkah maju dengan normalisasi, ada dua hal yang dibutuhkan, ketenangan di Gaza dan jalur yang kredibel menuju sebuah negara Palestina,” ujar Blinken di Pertemuan Tingkat Menteri Gabungan Dewan Kerja Sama Teluk (GCC)-Kemitraan Strategis AS itu, sebagaimana dikutip dari AFP.

Blinken mengunjungi Arab Saudi dalam lawatannya yang ketujuh ke wilayah itu sejak perang Hamas-Israel pecah pada Oktober lalu.

Meski mendukung Israel, Pemerintahan Presiden Joe Biden, telah mengupayakan moderasi dari pemerintahnya dengan menggantungkan prospek hubungan formal dengan Arab Saudi.

Sebagai bagian dari kesepakatan apa pun, Arab Saudi diperkirakan akan menuntut jalan menuju pengakuan terhadap Negara Palestina serta jaminan keamanan yang mengalihkan fokusnya dari Timur Tengah.

Arab Saudi syaratkan pengakuan Negara Palestina

Diberitakan AFP, Menteri Luar Negeri Saudi Faisal bin Farhan, yang bertemu dengan Blinken di Riyadh, juga mengatakan kesepakatan AS-Saudi sudah "sangat dekat”.

“Sebagian besar pekerjaan telah dilakukan,” katanya dalam forum yang salah satunya membahas situasi kemanusiaan di Gaza tersebut.

Namun, dia mengatakan bahwa jalan menuju negara Palestina adalah “satu-satunya cara yang akan berhasil”.

Baca juga: Di Arab Saudi, Menlu AS Juga Bahas Normalisasi Israel

Sementara itu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu adalah penentang kenegaraan Palestina sejak lama. 

Tetapi, sebelum 7 Oktober, Netanyahu memandang normalisasi dengan Arab Saudi sebagai warisannya, setelah menegosiasikan hubungan diplomatik formal dengan tiga negara, yakni Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Maroko pada 2020.

Bahkan jika pemerintahan Biden mencapai kesepakatan dengan Arab Saudi, hal itu masih harus disetujui oleh Kongres, di mana para anggota parlemen, terutama dari Partai Demokrat, telah mengkritik kerajaan tersebut atas dasar hak asasi manusia (HAM).

Blinken sendiri diperkirakan akan bertemu dengan penguasa de facto Arab Saudi, Putra Mahkota Mohammed bin Salman, untuk membicarakan lebih lanjut tentang normalisasi pada Senin ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com