Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Anak Tewas akibat Ledakan di Suriah Selatan

Kompas.com - 06/04/2024, 22:27 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber AFP

DAMASKUS, KOMPAS.com - Sebuah alat peledak telah meledak hingga menyebabkan tujuh anak tewas di Provinsi Daraa, Suriah Selatan, pada Sabtu (6/4/2024).

Kantor berita negara SANA melaporkan bahwa tujuh anak tewas dan dua orang lainnya terluka, salah satunya seorang wanita, ketika sebuah alat peledak yang dipasang oleh teroris meledak di Kota Sanamayn.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang memantau perang memberikan angka berbeda, dengan mengatakan bahwa delapan anak dari berbagai usia tewas dan satu lainnya terluka dalam ledakan tersebut.

Baca juga: Israel Serang Kedutaan Iran di Suriah, 7 Penasihat Militer Iran Tewas

Pemantau yang berbasis di Inggris mengatakan milisi dituduh menanam perangkat tersebut untuk menargetkan orang tak dikenal di daerah tersebut.

Dikutip dari AFP, Daraa adalah tempat lahirnya pemberontakan pada 2011 yang melawan pemerintahan Presiden Bashar al-Assad.

Tetapi kota itu dikembalikan ke kendali pemerintah pada 2018 berdasarkan perjanjian gencatan senjata yang didukung oleh Rusia.

Sejak saat itu, provinsi ini dilanda banyak pembunuhan, bentrokan, dan kondisi kehidupan yang mengerikan.

Perang Suriah, yang meningkat menjadi konflik mematikan yang menarik para jihadis dan tentara asing, telah menewaskan lebih dari 507.000 orang.

Baca juga: Dokter Suriah Ini Berbagi Cerita Merawat Korban Perang dari RS Bawah Tanah

Akibat kejadian tersebut membuat jutaan orang mengungsi dan menghancurkan infrastruktur serta industri negara tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com