Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kakak Adik Diserang Singa Gunung di AS, Salah Satu Tewas

Kompas.com - 26/03/2024, 09:43 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber AFP

CALIFORNIA, KOMPAS.com - Singa gunung menyerang kakak adik di daerah terpencil California, Amerika Serikat (AS), Sabtu (23/3/2024). Akibat serangan singa tersebut, sang kakak Taylen Brooks (21) tewas.

Sedangkan adiknya bernama Wyatt Brooks (18) terluka parah. Pihak berwenang melaporkan bahwa singa tersebut kemudian disuntik mati.

Menurut sebuah pernyataan yang diunggah Senin (25/3/2024) di halaman Facebook Kantor Sheriff El Dorado County, kedua bersaudara itu sedang keluar untuk mengumpulkan tanduk rusa.

Baca juga: Nekat Melompat ke Kandang Singa, Seorang Pria Diterkam hingga Tewas

Namun, ketika bertemu dengan singa gunung tersebut, mereka sudah melempar tas ransel dan berteriak. Kemudian, singa menyerang mereka.

"Taylen Brook tewas, sementara Wyatt menderita luka traumatis di wajahnya," kata kantor sheriff, dikutip dari AFP pada Selasa (26/3/2024).

Dijelaskan bahwa serangan fatal terakhir singa gunung di California terjadi pada 2004 di Orange County, dekat Los Angeles.

Dalam serangan hari Sabtu, singa awalnya menargetkan Wyatt Brooks, menggigit wajahnya, lalu mencakar bagian tengah tubuhnya saat Brooks berusaha untuk melawan dengan bebas.

Serangan itu kemudian menargetkan Taylen Brooks, menggigit lehernya dan menolak melepaskan pemuda itu, menurut pernyataan itu.

Wyatt mundur ke tempat mereka memarkir kendaraannya untuk mencari layanan seluler dan meminta bantuan. Namun, saat kembali, ia menemukan saudaranya telah meninggal.

Setelah pencarian, para deputi kemudian menemukan seekor singa gunung berjongkok di samping benda di tanah.

"Para penjaga dan penjerat kemudian dapat menemukan hewan tersebut dan melakukan eutanasia," kata kantor sheriff.

Serangan singa gunung sangat jarang terjadi. Hanya 22 orang yang diserang oleh puma di California sejak 1986, dengan hanya tiga kematian dalam kurun waktu tersebut.

Baca juga: Singa Sirkus Lepas di Kota Italia, Berkeliaran Selama 5 Jam

Singa gunung juga dikenal sebagai puma, macan kumbang, dan catamount. Ia adalah kucing liar berukuran besar yang berasal dari Amerika dan dapat ditemukan di wilayah Yukon barat laut Kanada hingga Andes selatan.

Singa laki-laki dewasa rata-rata memiliki berat lebih dari 60 kilogram dan berukuran panjang 1,8-2,4 meter dari kepala hingga ekor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com