Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Gempur Irak dan Suriah, 40 Orang Dilaporkan Tewas

Kompas.com - 04/02/2024, 06:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

BAGHDAD, KOMPAS.com - Amerika Serikat melancarkan serangan udara di Irak dan Suriah terhadap lebih dari 85 target yang terkait dengan Garda Revolusi Iran (IRGC) dan milisi-milisi yang didukungnya.

Serangan dilaporkan telah menewaskan hampir 40 orang, sebagai balasan atas serangan mematikan terhadap pasukan AS.

Serangan-serangan tersebut, termasuk penggunaan pesawat pengebom B-1 jarak jauh yang diterbangkan dari AS, merupakan yang pertama sebagai respons atas serangan akhir pekan lalu di Yordania oleh para militan yang didukung Iran.

Baca juga: Sebenarnya AS Menyerang Unit Iran Bukan Negara Iran, Ini Penjelasannya

Lebih banyak lagi operasi-operasi militer AS yang akan dilakukan dalam beberapa hari ke depan.

Serangan-serangan tersebut mengintensifkan konflik yang telah menyebar ke wilayah tersebut sejak perang meletus antara Israel dan Hamas.

Dilansir dari Reuters, juru bicara kementerian luar negeri Iran, Nasser Kanaani, mengatakan bahwa serangan tersebut merupakan satu lagi kesalahan strategis dari Amerika Serikat yang hanya akan menghasilkan peningkatan ketegangan dan ketidakstabilan.

Irak memanggil duta besar AS di Baghdad untuk menyampaikan protes resmi.

"Irak menegaskan kembali penolakannya untuk menjadikan tanahnya sebagai arena untuk menyelesaikan masalah atau unjuk kekuatan antara negara-negara yang bertikai," kata kementerian luar negeri Irak.

Pasukan Mobilisasi Populer Irak, sebuah pasukan keamanan negara yang mencakup kelompok-kelompok yang didukung Iran, mengatakan bahwa 16 anggotanya tewas, termasuk para pejuang dan petugas medis.

Pemerintah sebelumnya mengatakan bahwa warga sipil termasuk di antara 16 orang yang tewas.

Baca juga: AS Serang Sasaran Iran di Irak dan Suriah, padahal Sebelumnya Tak Ingin Perang

Di Suriah, serangan-serangan tersebut menewaskan 23 orang yang telah menjaga lokasi-lokasi yang ditargetkan, kata Rami Abdulrahman, direktur Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, yang melaporkan perang di Suriah.

Letnan Jenderal AS Douglas Sims, direktur Staf Gabungan, mengatakan bahwa serangan-serangan tersebut tampaknya berhasil, memicu ledakan-ledakan sekunder yang besar.

Bom-bom menghantam persenjataan militan.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] AS Serang Sasaran Iran di Suriah | Sahabatan Ternyata Saudara Kandung

Dia mengatakan bahwa serangan tersebut dilakukan dengan mengetahui bahwa kemungkinan besar akan ada korban di antara mereka yang berada di dalam fasilitas tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com