Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-701 Serangan Rusia ke Ukraina: Teka-teki Pesawat Rusia Jatuh | Zelensky Tuduh Rusia Jatuhkan Pesawat

Kompas.com - 26/01/2024, 08:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Al Jazeera

KYIV, KOMPAS.com - Teka-teki jatuhnya pesawat militer Rusia yang membawa puluhan tahanan Ukraina jadi highlight konflik Rusia-Ukraina beberapa hari terakhir.

Berikut perkembangan peristiwa tersebut, yang tersaji dalam rangkuman hari ke-701 serangan Rusia ke Ukraina Kamis (25/1/2024), dilansir dari Al Jazeera.

Baca juga: Teka-teki Jatuhnya Pesawat Rusia yang Berisi Tawanan Ukraina

Teka-teki Pesawat Rusia Jatuh

Sebuah pesawat angkut militer Rusia yang membawa 74 orang jatuh di wilayah Belgorod, Rusia selatan, tidak jauh dari perbatasan Ukraina.

Rusia mengatakan, ada 65 tawanan perang Ukraina di pesawat tersebut yang merupakan bagian dari rencana pertukaran tahanan, dan menuduh Ukraina menembak jatuh pesawat tersebut.

Ukraina tidak mengonfirmasi bahwa merekalah yang menembak jatuh pesawat tersebut, atau bahwa tawanan perang Ukraina adalah penumpangnya.

Tuduhan Pesawat Jatuh

Militer Ukraina mengatakan, pihaknya akan terus menargetkan pesawat angkut militer yang diyakini membawa rudal untuk perang Rusia di Ukraina dan komandan angkatan udara Mykola Oleshchuk menuduh Rusia berusaha mendiskreditkan Ukraina atas kecelakaan pesawat tersebut.

“Ukraina mempunyai hak untuk mempertahankan diri dan menghancurkan sarana serangan udara agresor,” katanya.

Baca juga: Tahun Ini, Ukraina Mulai Bangun 4 Reaktor Nuklir Baru

Badan intelijen militer Ukraina mengatakan, Kyiv tidak diminta untuk menjamin keamanan wilayah udara di sekitar wilayah Belgorod seperti yang terjadi pada pertukaran tawanan perang sebelumnya dengan Moskwa.

Dia menuturkan, pihaknya tidak memiliki informasi yang dapat dipercaya mengenai siapa saja yang berada di dalam pesawat yang jatuh tersebut.

Seruan Zelensky Terkait Pesawat Jatuh

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyerukan kejelasan penuh mengenai penyebab kecelakaan itu dan menuduh Moskwa mempermainkan nyawa tawanan perang Ukraina.

Dia membatalkan rencana perjalanan regional serta acara yang terkait dengan hari ulang tahunnya untuk menangani kecelakaan itu.

Baca juga: 11 Drone Rusia Berhasil Dijatuhkan Ukraina, Banyak Korban Terluka

Serangan Hirnyk

Dua orang tewas dan delapan luka-luka di kota Hirnyk, dekat garis depan di timur, setelah serangan rudal Rusia menghantam daerah permukiman, kata gubernur wilayah Donetsk Vadym Filashkin.

Hirnyk terletak di barat laut Maryinka, sebuah kota yang masih dikuasai Ukraina tetapi hancur setelah berbulan-bulan bertempur dengan pasukan Rusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com