Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uni Eropa Anggap Rencana Israel untuk Hancurkan Hamas Gagal, Serukan Jalan Damai

Kompas.com - 23/01/2024, 19:16 WIB
Irawan Sapto Adhi

Editor

Penulis: VOA Indonesia

BRUSSEL, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Israel menghindari diskusi mengenai solusi dua negara terhadap konflik Israel-Palestina pada pertemuan dengan rekan-rekan Uni Eropa pada Senin (22/1/2024).

Ia lebih memilih untuk menunjukkan kepada mereka video-video mengenai proyek-proyek infrastruktur di masa depan.

Menlu Israel Katz berada di Brussels untuk berdiskusi mengenai Timur Tengah, dengan fokus utama pada konsekuensi serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober dan serangan balasan Israel di Gaza.

Baca juga: Israel Umumkan 24 Tentaranya Tewas dalam Sehari, Terbanyak sejak Perang Dimulai

Para menteri Uni Eropa menekankan imbauan mereka untuk pembentukan negara Palestina berdampingan dengan Israel sebagai bagian dari penyelesaian perdamaian jangka panjang yang komprehensif. Namun pemerintah Israel menolak imbauan tersebut.

Pada pertemuan tersebut, Katz menunjukkan kepada para menteri yang hadir mengenai video tentang sebuah pulau buatan di lepas pantai Gaza dan jaringan kereta api yang menghubungkan Timur Tengah dengan India, kata Kepala Kebijakan Luar Negeri UE Josep Borrell dan diplomat UE lainnya.

Borrell menjelaskan bahwa dia tidak terkesan dengan langkah tersebut.

“Menteri (Israel) menunjukkan kepada kami beberapa video yang tidak ada hubungannya dengan masalah yang kami diskusikan,” kata Borrell kepada wartawan.

Para diplomat mengatakan video tersebut adalah bagian dari ide yang disampaikan Katz pada peran sebelumnya dan mengejutkan orang lain yang hadir dalam ruangan tersebut.

Para menteri Uni Eropa juga bertemu secara terpisah dengan rekan-rekan mereka dari Arab Saudi, Mesir, dan Yordania, serta dengan Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki ketika mereka membahas krisis yang saat ini terjadi di Gaza dan Timur Tengah yang lebih luas.

Baca juga: Israel Umumkan Kekalahan Terburuk di Gaza

Menjelang pertemuan tersebut, Borrell mengirimkan makalah diskusi kepada 27 negara anggota UE, yang menyarankan peta jalan menuju perdamaian dalam konflik Israel-Palestina yang lebih luas.

Inti dari rencana tersebut adalah seruan untuk mengadakan “persiapan konferensi perdamaian” yang akan diselenggarakan oleh Uni Eropa, Mesir, Yordania, Arab Saudi, dan Liga Negara-negara Arab.

Amerika Serikat dan PBB juga akan diundang untuk menjadi penyelenggara konferensi tersebut.

Namun pertemuan pada Senin itu tampaknya tidak mengubah posisi Israel, sehari setelah Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menegaskan kembali penolakan terhadap pembentukan negara Palestina mana pun dengan alasan bahwa hal itu akan menimbulkan "bahaya nyata" bagi Israel.

Meskipun demikian, Borrell mengatakan dia ingin terus melanjutkan upaya internasional untuk menerapkan solusi dua negara, meskipun dia tidak menjelaskan bagaimana hal tersebut dapat dicapai jika Israel terus menentangnya.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com