Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Riwayat Pilot Ukraina Berjuluk Blue Helmet, Patriot yang Korbankan Diri di Udara

Kompas.com - 10/01/2024, 18:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

KYIV, KOMPAS.com - Seorang pilot berusia 23 tahun, Vladyslav Zalistovskyi, dengan tanda panggil Blue Helmet, tewas pada 5 Januari lalu.

Saat itu, dia sedang membela Ukraina dari pasukan Rusia, demikian ungkap Brigade Penerbangan Taktis ke-114 Angkatan Udara Ukraina, tempat Zalistovskyi bernaung, kepada media Ukraina, Suspilne (8/1/2024).

Zalistovskyi, yang lahir di kota Malyn, Oblast Zhytomyr, lulus dari fakultas penerbangan Universitas Angkatan Udara Nasional Kharkiv Ivan Kozhedub pada tahun 2021. Ia bertugas sebagai pilot jet tempur MiG-29.

Baca juga: Dulu Ikut Perang Dunia II, Mantan Pilot Ini Meninggal di Usia 103 Tahun

"Sayangnya, dalam keluarga kecil penerbangan kami, terjadi sebuah tragedi," kata rekan seperjuangannya di Instagram, dilansir dari The New Voice of Ukraine.

"Kami tidak hanya kehilangan seorang pilot, tetapi juga rekan yang dapat diandalkan, teman, putra, dan orang yang luar biasa dan cerdas, Vladyslav! Dia adalah salah satu dari mereka yang dengannya saya akan menyelesaikan tugas apa pun dengan keyakinan bahwa dia tidak akan meninggalkan saya dalam situasi yang sulit, baik dalam urusan militer maupun dalam kehidupan secara umum!"

"Vladyslav meninggal karena mempertahankan langit kita, meskipun dia baru berusia 23 tahun. Saya menundukkan kepala di hadapannya dan memberikan penghormatan kepadanya sebagai pilot tempur sejati yang gugur membela Ukraina!" tambahnya.

Kekasihnya juga turut memberi ucapan duka cita.

"Kamu mencintai pekerjaanmu, hidupmu, langitmu, tapi semua itu menjadi lelucon yang kejam bagimu," kata pacar Zalistovskyi, Yevheniia Nesterenko, di Instagram.

Baca juga: Kesaksian Pilot Japan Airlines Sebelum Tabrakan di Bandara Haneda Tokyo

Penyair dan tentara Ukraina, Maksym Kryvtsov, 33 tahun, dengan nama panggilan Dali, juga gugur dalam pertempuran melawan pasukan Rusia.

Baca juga: Semua 379 Penumpang Japan Airlines Selamat, Mantan Pilot: Kita Baru Saksikan Keajaiban

Kryvtsov menulis sebuah buku berjudul "Poems from the Trenches", yang diakui sebagai salah satu buku puisi Ukraina terbaik pada 2023 oleh PEN Ukraina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com