Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Denmark Buktikan Komitmen Dukungan, Mulai Latih Pilot Ukraina Jet F-16

Kompas.com - 23/08/2023, 14:45 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber DW

DUBLIN, KOMPAS.com - Denmark telah mulai melatih delapan pilot Ukraina untuk menerbangkan jet tempur F-16 sebagai bagian dari komitmennya untuk menyumbangkan pesawat ke Ukraina, kata angkatan bersenjata Denmark.

Dilandir dari DW, delapan pilot tiba di pangkalan udara militer Denmark di Skrydstrup bersama dengan 65 personel yang akan dilatih dalam merawat dan memperbaiki jet tersebut.

Denmark akan memasok Ukraina dengan 19 jet F-16 dan akan mengirimkan enam jet pertama sekitar Tahun Baru.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-544 Serangan Rusia ke Ukraina: Belanda dan Denmark Sumbangkan Jet Tempur F-16 ke Ukraina | Sumpah Pembalasan Zelensky

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sebelumnya berterima kasih kepada mitra Eropa atas bantuan militer dan rekonstruksi.

“Ada pesawat untuk Ukraina. Ada teknologi lapis baja tambahan dan kami memperkuat pertahanan udara,” kata Zelenskyy dalam pidato video hariannya.

Pidatonya direkam di kereta yang diambil Zelensky dalam perjalanan pulang ke Kyiv setelah serangkaian kunjungan singkat ke negara-negara UE.

Ia mengunjungi Swedia, Belanda, Denmark dan terakhir Yunani, di mana ia bertemu dengan beberapa kepala negara dan pemerintahan dari Kawasan Balkan.

Baca juga: Denmark dan Belanda Sumbang F-16 ke Ukraina, Rusia: Hanya Akan Tingkatkan Konflik

Perkembangan besar terjadi ketika Denmark dan Belanda menjanjikan pengiriman jet tempur F-16, sementara Yunani mengatakan akan membantu melatih pilot Ukraina sambil terus menawarkan bantuan militer dan dukungan rekonstruksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com